Solusi Umur Panjang Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyakit yang satu ini memang sangat menjamur dikalangan masyarakat. Dahulu penyakit ini identik dengan penyakit orang yang berusia lanjut. Namun sekarang ini diabetes menjelma menjadi penyakit yang banyak diderita kalangan muda. Kondisi ini kerap disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat.

sumber gambar : http://yakespertamina.com

Penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang berbahaya yang kerap menyebabkan kematian. Bayangkan saja berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa pada tahun 2012 saja ada sekitar 1,5 juta orang yang meninggal akibat penyakit diabetes.

Meskipun demikian bukan berarti mereka yang sudah divonis diabetes oleh dokter tak bisa memiliki umur yang panjang. Penderita diabetes masih bisa mungkin punya umur yang panjang.

Berikut beberapa solusi jika ingin umur panjang bagi penderita diabetes :

1. Minum obat diabetes dengan teratur

Baca Juga  Apakah Aman Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari ?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap rutin mengkonusmsi obat diabetes. Obat iniu berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar dalam kondisi yang terkontrol atau stabil.

2. Menerapkan pola makan 3T

Langkah kedua adalah memperhatikan pola makan dengan menerapkan prinsip 3 T yaitu tepat jumlah, tepat jenis dan tepat jadwal. Anda harus mengontrol jumlah makanan yang anda konsumsi, selanjutnya cermatlah memilih jenis makanan yang hendak dikonsumsi dan makan pada jam makan yang ditentukan.

Untuk jenis makanan sebaiknya anda memilih jenis makanan yang kaya kandungan karbohidrat yang kompleks dan juga serat. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau roti gandum yang kaya karbohidrat kompleks dan serat. Selain itu kedua makanan tersebut juga rendah kalori.

3. Harus memilih alas kaki yang sesuai

Baca Juga  Mengapa Saat Tidur Orang Bisa Meninggal ?

Penderita diabetes harus pandai-pandai mencegah jangan sampai terjadi luka. Untuk mencegah hal ini maka usakan selalu menggunakan alas kaki yang sesuai dan nyaman. Jika terjadi luka, maka akan sulit disembuhkan dan cenderung mengakibatkan komplikasi kesehatan.

4. Olahraga efektif turunkan kadar gula darah

Penderita diabetes juga masih disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Melakukan olahraga secara rutin bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap aman atau stabil. Dengan begitu resiko komplikasi bisa diminimalisir.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan berolahraga secara berlebihan atau berat. Lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas yang ringan sampai sedang selama 30 menit saja setiap hari.

5. Jaga kebersihan mulut

Tips kelima bagi penderita diabetes agar panjang umur adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Lakukan sikat gigi secara rutin dua kali sehari dan sebelum tidur. Dengan begitu bisa mencegah resiko infeksi yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Baca Juga  Ini Alasan Makanan Cepat Saji Bisa Merusak Hormon

6. Perbanyak konsumsi antioksidan

Solusi panjang umur bagi penderita diabetes yang terakhir adalah rajin konsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran seperti buah anggur, jeruk, bit, stroberi, sayuran brokli dan bayam.

Sumber : kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Konsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *