Sering Tumit Terasa Nyeri, Begini Cara Mengatasinya

header niko 728 x 90

nyeri tumit

InspirasiBersama.com – Apakah anda pernah merasakan tumit nyeri ? Biasanya nyeri pada tumit muncul saat kita beraktivitas misalnya berjalan dalam waktu yang agak lama, olahraga, bahkan setelah bangun tidur saat pertama kali berjalan tumit bisa terasa nyeri. Secara umum penyebab tumit terasa nyeri adalah karena latihan fisik yang berlebihan dan adanya radang pada tendon seperti achilles tendinitis dan plantar fasciitas. Bagi mereka yang mengalami tumit sering mengalami nyeri biasanya disertai dengan kekakuan sehingga sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Secara kesehatan penyembuhan nyeri pada tumit tidak bisa berlangsung cepat, membutuhkan beberapa minggu untuk meredakan rasa nyeri pada tumit. Namun para pakar memberikan solusi alami untuk meredakan rasa nyeri dengan cara mengompres tumit dengan es. Anda bisa menaruh es pada kantung atau dibungkus dengan handuk dan letakkan pada tumit yang nyeri sekitar 10 menit. Anda bisa melakukan pengompresan dua sampai tiga kali dalam sehari.

Baca Juga  Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi ?

Selain itu rasa nyeri pada tumit sering disebabkan oleh adanya masalah pada alas kaki anda. Bisa karena sol sepatu atau sandal yang tidak nyaman sehingga membuat tumit terasa nyeri. Sebaiknya anda mengganti sol sepatu atau sandal anda yang lebih nyaman agar tumit terasa nyaman dan tidak nyeri. Selain itu anda juga harus mengganti kebiasaan olahraga yang meningkatkan resiko nyeri pada tumit misalnya berlari, futsal, basket, tenis dll. Anda sebaiknya mencoba olahraga yang tidak melibatkan tumit anda misalnya bersepeda dan berenang untuk sementara waktu.

Baca Juga  Sering Memasak Dengan Suhu Yang Tinggi dan Lama Bisa Menyebabkan Kanker

Tips selanjutnya untuk menghindari tumit terasa nyeri adalah dengan melakukan pemanasan sebelum kita olahraga. Lakukan pemanasan terhadap tumit anda sampai rasa nyeri tumit berkurang baru melakukan olahraga. Selain itu pemilihan lantai saat olahraga juga sangat penting. Jangan melakukan olahraga pada area yang beresiko menimbulkan nyeri pada tumit misalnya aspal, tanah yang tidak rata, atau paving.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Susu Organik ?

Artikel Terkait : Makanan Alami Untuk Mengobati Rasa Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *