Sering Terpapar Sinar Matahari Sangat Baik Bagi Kesehatan Mental

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa sinar matahari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Meskipun demikian banyak orang yang sengaja mengabaikan sinar matahari dengan berbagai alasan. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan organ saja, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan mental.

sumber gambar : Liputan6.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa orang yang jarang mendapatkan paparan sinar matahari cenderung akan mengalami gangguan kesehatan mental seperti mudah mengalami depresi atau skizofrenia.

 

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mudah mengalami depresi adalah kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, berdasarkan hasil studi yang lain juga menyebutkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang rendah cenderung akan mengalami penurunan kemampuan kognitif otak.

Baca Juga  USB Untuk Pemeriksaan HIV

Sebuah jurnal yan berjudul Issues in Mental Health Nursing menyebutkan bahwa kekurangan paparan sinar matahari akan bisa mengganggu kepribadian dan mental seseorang. Beberapa masalah kesehatan fisik lain yang terjadi adalah sering mengalami migrain serta mudah lupa atau pikun.

Meskipun demikian bukan berarti kita disarankan untuk berada di luar ruangan yang panas terik. Namun berada di luar ruangan memang bisa membuat suasana kejiwaan seseorang menjadi lebih nyaman karena lebih mungkin mendapatkan paparan sinar matahari.

Baca Juga  Sering Konsumsi Daging dan Makanan Manis Bisa Menyebabkan Gemuk

Yang disarankan adalah mendapatkan paparan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita karena kaya akan kandungan vitamin D yang bisa membantu dalam proses penyerapan kalsium yang sangat bagus bagi kesehatan tulang. Dengan demikian sering mendapatkan paparan sinar matahari akan sangat baik bagai kesehatan mental, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga  Dampak Hidup Bersama Keluarga Mampu Meningkatkan Kesehatan

Baca Juga : Jenis Makanan Yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *