Sering Terjebak Macet Bisa Menyebabkan Munculnya Berbagai Penyakit

header niko 728 x 90

terjebak kemacetan

InspirasiBersama.com – Bagi warga perkotaan khususnya Jakarta pasti sudah tidak asing dengan yang namanya macet. Hampir setiap hari atau bahkan setiap saat banyak sekali orang yang terjebak macet. Tanpa kita sadari ternyata sering terjebak macet bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa sering terjebak macet bisa menyebabkan gangguan pernapasan karena terlalu banyak polutan yang kita hirup. Kita tahu bahwa saat macet terjadi, maka berbagai polutan kendaraan bermotor akan berkumpul pada titik tertentu. Ini membuat banyak resiko kesehatan bagi mereka yang terjebak didalamnya.

Bahkan saat kita menggunakan mobil yang sudah kita tutup kacanya dengan rapat dan menggunakan AC. Dalam sebuah hasil studi juga menyebutkan kalau saat terjadi banyak polusi udara saat macet, maka konsentrasi polusi dalam sebuah mobil akan meningkat sampai 40 persen meskipun sudah ditutup.

Baca Juga  Waspada Jika Anak Anda Mengalami Gejala Penyakit Berikut

Lantas bagaimana jika saat macet kita membuka jendela mobil kita. Kalau anda melakukan hal ini, maka dalam hasil studi menyebutkan bahwa akan ada peningkatan jumlah polusi dalam mobil yang mencapai tujuh kali lipat. Hal ini lebih berbahaya dibandingkan dengan mereka yang berjalan kaki meskipun dalam kemacetan.

Kita tahu bahwa asap kendaraan mengandung banyak zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama organ pernapasan. Saat kita terjebak macet, maka akan ada banyak partikel polutan udara yang akan terhirup oleh hidung dan masuk dalam paru-paru.

Ternyata masuknya partikel akibat polusi udara tidak hanya menyebabkan berbagai gangguan pada pernapasan saja, namun juga bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang lain seperti jantung, stroke dan kanker pada paru-paru.

Baca Juga  Bahaya Orang Yang Suka Marah Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

Dalam sebuah hasil studi yang lain yang dilakukan oleh Auckland University of Technology menyebutkan kalau saat tubuh kita menghirup partikel udara yang terkontaminasi asap kendaraan akan menyebabkan sebuah gumpalan pada darah yang menyebabkan aliran darah terhambat yang memicu stroke.

Kebanyakan orang saat terjadi macet, maka untuk menghilangkan kepenatan justru melakukan merokok. Menurut mereka hal itu bisa mengurangi rasa stres akibat macet berkepanjangan. Padahal dari polutan udara asap kendaraan saja sudah sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga : Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

Bagi seorang wanita yang sedang hamil, tidak baik sering mengalami kemacetan di jalan. Hal ini disebabkan karena asap polutan udara yang terkontaminasi kendaraan bisa bersifat karsinogenik bagi tubuh yang bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Baca Juga  Penyebab Ada Banyak Orang Yang Suka Dengan Rasa Asin

Lantas bagaimana solusi terbaik ? Solusi yang paling baik adalah dengan menyadarkan masyarakat untuk tidak selalu menggunakan kendaraan bermotor saat bepergian. Kurangi menggunakan kendaraan bermotor dengan membudayakan naik angkutan umum sehingga polusi udara bisa ditekan dan tubuh kita semakin sehat.

Artikel Terkait : Hati-hati Terjadinya Pembekuan Darah Saat Perjalanan Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *