Sering Minum Es Teh Bisa Memicu Batu Ginjal

header niko 728 x 90

es teh

InspirasiBersama.com – Kita semua pasti tidak bisa lepas dengan yang namanya es teh. Es teh menjadi sebuah minuman yang sangat familir bagi masyarakat Indoensia. Coba saja kalau kita mampir di pinggir jalan beli makanan, pasti disitu tersedia minuman es teh sebagai pendampingnya. Apalagi jika saat terik siang hari sungguh nikmat kalau kita minum es teh karena bisa meredakan dahaga kita. Tetapi studi terbaru menyatakan bahwa sering konsumsi es teh bisa memicu batu ginjal. Ini menjadi pukulan berat bagi para pecinta es teh di Indonesia.

Dikutip dari sebuah Harian Time of India yang menyatakan bahwa es teh, bayam dan cokelat ternyata mengandung banyak oxalate. Sebenarnya oxalate itu sendiri sangat bagus bagi tubuh kita, namun jika konsentrasinya tinggi maka akan bisa berbahya bagi kesehatan salah satunya bisa menyebabkan gatu ginjal. Fungsi dari oxalate dalam tubuh kita adalah menyerap konsentrasi kalsium dan mengikatnya sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga  Benarkah Gula Batu Bisa Bermanfaat Meredakan Flu dan Batuk ?

Namun jika konsentrasi oxalate ini terlalu tinggi maka akan bisa menyebabkan mengendap pada ginjal sehingga bisa menyebabkan batu ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit yang sangta menyiksa penderitanya. Bahkan apabila dibiarkan batu ginjal akan menyebabkan ginjal menjasi infeksi dan menyebabkan gagal ginjal. Kalau sudah terkena gagal ginjal maka ginjal kita sudah mengalami kerusakan yang parah sehingga akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Dengan demikian berarti apakah kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsi es teh ?. Jawabnya adalah boleh dalam jumlah yang normal. Saat anda membeli minuman es teh kita harus pandai-pandai memilih es teh yang menyehatkan. Sering kita menjumpai penjual es teh yang nakal dengan menggunakan air yang masih mentah dalam pembuatan esnya. Untuk mengetahui mana es yang terbuat dari air yang matang dan air mentah, kita harus melihat tekstur dari es itu sendiri. Jika bentuknya seperti salju berwarna putih dan banyak gelembung bisa dipastikan es batu tersebut terbuat dari air yang masih mentah.

Baca Juga  Benarkah Masuk Angin Merupakan Jenis Penyakit Yang Hanya Ada di Indonesia

Sedangkan untuk es batu yang terbuat dari air yang sudah matang biasanya berbentuk bening tanpa ada gelembung udaranya dibandingkan dengan es yang terbuat dari air mentah. Belum lagi dengan kandungan gulanya. Banyak penjual es yang menggunakan pemanis buatan dalam minuman yang dijualnya. Tentu hal ini akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu jika anda memang penggemar es teh, maka sangat disarankan untuk membuat es teh sendiri di rumah untuk meminimalisir penggunaan pemanis dan es batu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Lakukan minum es teh dengan wajar dan jangan berlebihan.

Baca Juga  Sering Mengantuk Setelah Makan Siang Bisa Disebabkan Karena Makanan Yang Berlemak

 

Artikel  Terkait : Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *