Sering Merasa Jemari Terasa Dingin ? Mungkin Suatu Penyakit

header niko 728 x 90

jemari terasa dingin

Jemari terasa dingin bisa menjadi hal yang wajar disaat kita berada pada malam hari dengan udara yang dingin. Tetapi jika jemari anda merasa dingin pada keadaan suhu yang hangat atau pada siang hari, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda penyakit tertentu.

Berikut beberapa penyebab jari kita mengalami dingin :

  • Anemia

Anemia merupakan kondisi kekurangan kadar hemoglobin (HB) dalam darah. Dengan berkurangnya kadar HB dalam darah, maka suplai oksigen akan mengalami penurunan sehingga jemari kita bisa mengalami dingin.

Penyebab anemia bisa karena kurangnya asupan makanan yang banyak mengandung zat besi. Namun pada beberapa kasus anemia bisa terjadi karena tubuh mengalami banyak kekurangan darah akibat perdarahan. Misalnya pasien ambeyen yang mengeluarkan darah saat BAB. Atau kondisi laen yang lebih serius seperti muntah darah.

  • Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 banyak terdapat pada makanan seperti daging, telur dan susu. Kekurangan vit B12 dapat menyebabkan jemari kita menjadi terasa dingin. Kekurangan vit B12 bisa terjadi karena kurangnya asupan makanan yang mengandung vit B12, atau bisa terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan pencernaan, sehingga kurang bisa melakukan penyerapan dengan baik terhadap makanan yang di konsumsi.

  • Raynaud
Baca Juga  Bebaskan Tempat Tidur Anda Dari Benda Berikut Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Raynaud merupakan kedaan dimana mengecilnya ujung pembuluh darah yang terjadi pada jari, telinga dan hidung. Hal ini terjadi akibat adanya respons terhadap cuaca yang dingin dan stress.

Raynaud akan menimbulkan jari kita berwarna putih pucat kemudian bisa membiru akibat tidak adanya aliran darah pada ujung jari kita. Biasanya ujung jari akan meresa dingin dan menjadi mati rasa. Tapi tenang Raynaud tidak termasuk kondisi yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindarinya kita bisa menghindari cuaca dingin dengan memakai sarung tangan dan menghindari stress yang berlebihan.

Baca Juga  Ternyata Makan Saat Perut Kenyang Berbahaya
  • Tekanan Darah Yang Rendah

Tekanan darah yang rendah atau hipotensi bisa membuat jemari kita merasa dingin. Hipotensi bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya dehidrasi, lapar, kehiloangan banyak darah, obat-obatan dan gangguan endokrin.

Saat kita mengalami tekanan darah rendah, maka banyak darah yang akan diedarkan oleh pembuluh darah ke area vita; tubuh sehingga suplai darah pada ekstremitas ( anggota gerak ) kita menjadi kurang yang menyebabkan jemari kita pucat dan merasa dingin.

Berikut beberapa gejala anda mengalami hipotensi : lemah, letih, lesu, kepala terasa pusing, mual bahkan sampai muntah. Jika anda mengalami gejala seperti ini lebih baik anda segera periksa ke dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan dengan segera.

  • Merokok

Rokok banyak mengandung nikotin yang bisa menyebabkan mengkerutnya pembuluh darah sehingga menyababkan adanya tumpukan plak pada pembuluh darah arteri. Dengan demikian maka aliran darah tubuh kita menjadi kurang maksimal. Solusi satu-satunya adalah anda harus berhenti dari kebiasaan merokok.

  • Obat-obatan
Baca Juga  Ternyata Kegemukan Bisa Disebabkan Karena Sering Nyetir Lama

Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah kita. Untuk itu kita harus hati-hati dalam mengkonsumsi obat. Alangkah lebih baiknya kita melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum minum obat secara sembarangan. Biasanya obat yang bisa membuat pembuluh darah menjadi sempit adalah golongan beta-blocker yang kita jumpai pada obat kanker, migrain dan dekongestan.

 

Artikel Terkait : Bahaya Merokok Bagi Penderita Diabetes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *