Sering Mengunyah Permen Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengunyah permen memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Meskipun identik dengan kebiasaan anak kecil, ternyata banyak juga orang dewasa yang melakukannya. Namun berdasarkan sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa sering mengunyah permen ternyata tidak baik bagi kesehatan.

Mengapa hal ini berdampak kurang bagus bagi kesehatan ?. Ternyata menurut salah seorang pakar kesehatan yang bernama Profesor Gretchen Mahler yang berasal dari Binghamton University mengatakan bahwa pada permen terdapat zat yang ternyata bisa merusak sel. Kandungan zat tersebut adalah E171 yang merupakan jenis zat aditif yang sejenis titanium dioksida.

sumber gambar : detik.com

Diketahui bahwa jenis zat aditif tersebut bisa merusak sel pada organ pencernaan tepatnya usus. Saat zat aditif ini masuk di usus, maka akan menyebabkan penurunan sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi yang terdapat pada makanan. Dengan begitu akan membuat tubuh kita mudah sakit atau terserang infeksi.

Baca Juga  Bagi Yang Suka Lembur Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar dan Semangat Kerja

Baca Juga : Berat Badan Seseorang dipengaruhi Oleh Bakteri Pada Usus

Tahukah anda bahwa jenis senyawa titanium dioksida merupakan jenis senyawa yang biasanya digunakan dalam pewarna cat, kertas dan juga plastik. Coba bayangkan apabila zat seperti ini masuk dalam tubuh manusia, apa yang akan terjadi ?. Menurut para pakar hal ini akan menyebabkan terganggunya sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan. Dengan begitu kita akan banyak kehilangan nutrisi penting seperti zinc, zat besi, asam lemak dan jenis vitamin.

Baca Juga  Ternyata Morning Sickness Mampu Menurunkan Resiko Keguguran Pada Wanita Hamil

Yang membuat kita prihatin adalah jenis zat titanium dioksida ini sudah sering kali terlibat dalam makanan atau jenis barang lain yang rentan masuk dalam tubuh manusia. Penggunaan zat ini juga kerap kali terdapat pada pasta gigi. Ternyata zat ini juga berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada sela-sela gigi. Selain pasta gigi, ada jenis makanan lain yang kerap ditambahkan titanium dioksida yaitu cokelat. Hal ini dikarekan zat tersebut bisa membuat tekstur cokelat menjadi lebih lembut.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kanker Pada Usus

Artikel Terkait : Bahayakah Jika Menelan Permen Karet ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *