Sering Mengalami Tekanan Darah Tinggi Bisa Menurunkan Daya Ingat

header niko 728 x 90

tekanan darah tinggi 2

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa orang yang mempunyai penyakit darah tinggi atau hipertensi beresiko mengalami penurunan daya ingat. Penyakit hipertensi sangat erat dengan pola hidup yang tidak sehat. Saat ini angka penderita hipertensi di Indonesia sangat tinggi yang diakibatkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

 

Sebagian orang menganggap penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang tidak berbahaya karena tidak menimbulkan gejala yang menyiksa. Namun dari segi kesehatan tekanan darah tinggi meningkatkan resiko banyak penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Selain itu sering mengalami tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penurunan daya ingat atau pikun.
Hal ini dibuktikan dengan sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kasus dimensia atau pikun sering kali terjadi pada pasien yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bahkan dalam sebuah penelitian lain menyebutkan penderita hipertensi memiliki resiko lima kali lipat terkena dimensia atau pikun pada usia lanjut.
Kabanyakan orang belum mengetahui dampak buruk hipertensi bisa menyebabkan dimensia. Mereka menganggap tekanan darah yang tinggi kerap dikaitkan dengan pecahnya pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke.

Baca Juga  Tips Mengatasi Anak Yang Sulit Berteman

Saat seseorang sering mengalami tekanan darah tinggi, maka meningkatkan resiko pembuluh darah di otak pecah, akhirnya menimbulkan sebuah perdarahan sehingga membuat otak kita menjadi kekurangan banyak oksigen. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan otak mengalami penyusutan saat usia lanjut dan bisa merusak memori. Dampaknya membuat orang menjadi pikun atau dimensia.

Baca Juga  Mengukur Jumlah Kalori Yang Terbuang Saat Melakukan Olahraga Bersepeda

Bagi anda yang mempunyai penyakit hipertensi, para pakar menyarankan untuk rutin minum obat hipertensi. Hal dikarenakan berdasarkan penelitian mereka yang rutin konsumsi obat hipertensi akan memiliki resiko dimensia yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak minum obat hipertensi.

Selain itu di himbau bagi penderita hipertensi jangan merasa minum obat hipertensi sebuah kewajiban, namun berusahalah untuk menjadikannya sebagai kebutuhan agar tidak berat dalam menjalankannya.

Baca Juga  Anak Yang Malas Beraktivitas Beresiko Sakit Jantung

Artikel Terkait : Makanan Yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *