Sering Mengalami Ketindihan Saat Tidur ? Ini Penjelasannya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tidak dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang sering mengalami ketindihan saat tidur. Kebanyakan dari mereka menganggap hal ini sebagai bagian dari sisi supranatural. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut dengan sleep paralysis.

 

Mereka yang mengaku mengalami ketindihan akan mengalami sebuah peristiwa supranatural yang seolah-olah sedang diserang oleh makhluk halus. Padahal dari segi ilmiah kondisi ini dinamakan dengan kelumpuhan yang dirasakan saat tidur.

ketindihan-saat-tidur

sumber gambar : www.deherba.com

Pengalaman mengalami ketindihan saat tidur memang membuat banyak orang merasa ketakutan. Saat itu tubuh merasa tak berdaya, kelemahan, pada beberapa orang bisa menyebabkan sesak napas dan sering disertai dengan halusinasi yang membuat banyak orang merasa diserang oleh makhluk halus.

Baca Juga  Resep Agar Produksi ASI Ibu Meningkat

 

Munculnya halusinasi pada kondisi sleep paralysis ini membuat banyak orang mengkaitkan ketindihan dengan hal ghoib. Namun jika anda tahu ternyata itu bukan hal mistis, namun ada proses ilmiahnya.

Baca Juga : Mengapa Ada Orang Yang Meninggal Saat Tidur ?

 

Sebenarnya apa yang dialami oleh banyak orang seperti ketindihan saat tidur terjadi pada fase tidur REM (rapid eye movement). Artinya adalah pada saat tersebut maka terjadi pelemahan otot-otot oleh otak, namun otak kita masih aktif. Hal ini sesuai dengan ungkapan seorang spesialis tidur yang berasal dari Montefiore Medical Center yang bernama Dr Shelby Harris.

 

Kondisi sleep paralysis atau ketindihan merupakan proses alami tubuh yang sebenarnya tidak perlu ditakutkan. Namun bagi anda yang sering mengalami hal ini yang disebabkan oleh beberapa faktor resiko seperti sering mengalami gangguan tidur atau sleep apnea, narkolepsi, penderita gangguan bipolar dan mengkonsumsi jenis obat tertentu, maka ketindihan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga  Pengidap HIV Sangat Rentan Terkena Tuberkulosis

 

Untuk mencegah agar tidak sering mengalami ketindihan, maka para pakar sangat menyarankan untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Tidak disarankan untuk tidur dalam waktu yang kurang, serta badan terlalu capek. Biasanya kondisi ini memicu munculnya ketindihan saat tidur. Yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga agar kita tidak stres. Stres juga bisa memicu munculnya ketindihan atau sleep paralysis.

Baca Juga  Hati-hati Saat Memilih Camilan, Karena Salah Memilih Camilan Dapat Menambah Rasa Lapar Serta Memicu Kegemukan

 

Namun jika ternyata anda tergolong orang yang sangat sering mengalami ketindihan dan dirasa sangat mengganggu, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Yang harus kita perhatikan dalam kasus ini adalah menjaga pola hidup dan kesehatan mental yang baik.

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Gangguan Tidur dibandingkan Mengkonsumsi Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *