Sering Mengalami Insomnia, Lakukan Terapi Ini !

header niko 728 x 90

terapi insomnia

InspirasiBersama.com – Mengalami insomnia pastinya sangat membuat kita tidak nyaman. Dengan mengalami insomnia, maka tubuh kita akan terasa lemas, kurang bersemangat, dan terasa kecapean. Jika anda saat ini mengalami gangguan tidur seperti insomnia, maka lakukan terapi ini.

Cara efektif untuk mengatasi insomnia adalah dengan cara terapi kognitif yaitu dengan cara berusaha melakukan siklus tidur yang normal seperti semula. Banyak orang yang mengalami insomnia yang menggunakan terapi obat agar mereka bisa tidur. Tindakan ini kurang tepat karena akan memperburuk insomnia itu sendiri.

Menurut American College of Physicians mengatakan bahwa terapi yang efektif untuk mengatasi insomnia adalah dengan menggunakan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Terapi ini terbukti lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan obat tidur. CBT merupakan terapi yang terdiri dari kombinasi terapi bicara, perilaku dan pendidikan kepada pasien insomnia.

Baca Juga  Beberapa Makanan Yang Bisa Memicu Tulang Keropos

Terapi model CBT ini sangat disarankan kepada mereka yang mengalami insomnia sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan secara mandiri. Namun jika ternyata sudah melakukan terapi ini dan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, maka sangat disarankan untuk datang ke dokter untuk mendapatkan terapi yang lebih tepat.

Terapi pil atau obat tidur bagi pasien yang menderita insomnia merupakan bukan terapi pertama yang harus diberikan kepada orang yang menderita insomnia, ungkap seorang kepala penyakit umum yang berasal dari Universitas Medical Center yang bernama Dr. Thomas tape.

Baca Juga  Ternyata SkipChallenge Dapat Membuat Kerusakan Pada Otak

Meskipun demikian, banyak kalangan dokter yang memberikan terapi obat untuk mengatasi pasien yang mengalami insomnia.

 

Terapi CBT bagi penderita insomnia ini merupakan terapi yang masih baru untuk menangani insomnia. Untuk itu perlu sosialisasi kepada para dokter atau tenaga kesehatan agar bisa memberikan terapi CBT.

Bahkan dalam sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan dalam Annals Monday menyatakan bahwa penggunaan obat tidur hanya akan bisa mengatasi insomnia dalam jangka waktu yang pendek saja. Untuk jangka panjang kurang efektif.

Bahkan apabila terapi obat digunakan dalam kurun waktu yang lama, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu pengguanan terapi CBT bagi pasien yang mengalami insomnia dinilai cukup efektif.

Baca Juga  Ternyata Bersyukur dan Berdoa di Malam Hari Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

Menanggapi hal ini, sebuah asosiasi pengawas obat dan makanan Amerika yang bernama Food and Drug Administration menganjurkan untuk menurunkan dosis bagi pemberian obat tidur. Hal ini dikarenakan efek samping jangka panjang yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Insomnia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *