Sering Mengalami Depresi Bisa disebabkan Karena Kekurangan Vitamin B12

header niko 728 x 90

B12

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kita mudah depresi. Secara umum kekurangan jenis vitamin ini akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh kita. Beberapa masalah kesehatan lain yang muncul adalah konstipasi, menurunnya selera makan dan sulit untuk berkonsentrasi.

Dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kekurangan kadar vitamin B12 dalam tubuh manusia bisa menyebabkan berbagai gangguan psikiatrik. Beberapa contohnya adalah bisa menyebabkan delusi dan depresi.

Menurut para ahli mengatakan bahwa saat tubuh kita kekurangan asupan vitamin B12, maka akan mempengaruhi beberapa hormon dalam tubuh yang salah satunya adalah serotonin yang sangat mempengaruhi mood kita. Saat serotonin menurun, maka akan membuat suasana hati menjadi mudah sedih.

Baca Juga  Manfaat Mempunyai Jiwa Petualang Akan Membuat Kita Lebih Sehat

Tidak berhenti pada itu saja, ternyata kekurangan asupan vitamin B12 bisa juga menyebabkan gangguan psikosis dan bisa menghilangkan memori. Jika dibiarkan akan memicu munculnya penyakit dimentia atau lebih dikenal dengan pikun.

Sebenarnya dalam setiap harinya tubuh kita tidak membutuhkan vitamin B12 dalam jumlah yang banyak. Namun cukup hanya 2,4 mikrogram saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Untuk mendapatkan asupan vitamin B12 kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti telur, daging, susu dan keju.

Baca Juga  Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Bagaimana jika kita mengkonsumsi suplemen B12 setiap hari ? Hal ini tidak menjadi masalah. Namun apabila anda mengalami gangguan pencernaan seperti IBS atau penyakit radang usus, maka proses penyerapan akan kurang maksimal sehingga kebutuhan vitamin B12 menjadi kurang.

Jadi apabila beberapa hari ini anda merasa mudah mengalami stres atau depresi, maka coba evaluasi jenis makanan yang kita konsumsi. Bisa juga kondisi ini disebabkan karena kurang asupan vitamin B12. Kita harus memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12 ini setiap harinya.

Baca Juga  Cara Mudah Meningkatkan Ketajaman Memori Otak Dengan Napas Dalam

Artikel Terkait : Kurang Sinar Matahari Pagi Bisa Menyebabkan Nyeri Kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *