Sering Membakar Kalori Bisa Membuat Otak Kita Awet Muda

header niko 728 x 90

manfaat aktivitas fisik bagi otak

InspirasiBersama.com – Kabar gembira bagi anda yang suka melakukan aktivitas membakar kalori bisa membuat otak kita menjadi awet muda. Berdasarkan sebuah hasil penelitian, ternyata mereka yang sering melakukan membakar kalori akan cenderung memiliki bagian otak yang berwarna abu-abu. Hal ini berbeda dengan mereka yang jarang melakukan aktivitas membakar kalori yang mempunyai daerah abu-abu lebih sedikit pada otaknya.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas ringan yang termasuk kategori membakar kalori misalnya dengan bejalan santai di sekitar rumah, lari-lari kecil dan naik turun tangga termasuk kegiatan yang sangat bagus untuk membuat otak kita awet muda atau memelihara struktur otak.

Untuk membuktikan bahwa kegiatan membakar kalori bisa membuat otak kita awet muda, maka para peneliti melakukan analisa terhadap 876 orang yang hampir kebanyakan dari mereka berusia tua. Sebelumnya para responden tersebut merupakan responden untuk penelitian kesehatan jantung.

Baca Juga  Mengapa Program Diet Akan Lebih Sulit Dilakukan Di Usia 30-an?

Dari 876 orang tersebut, para peneliti melakukan pengamatan terhadap kognitif otak, volumetrik otak, serta kemampuan menjawab kuesioner yang diberikan oleh para peneliti. Selain itu yang tidak kalah penting para peneliti juga mengamati daerah abu-abu pada otak para responden.

Dari hasil penelitian tersebut, ternyata para peneliti mendapatkan volume otak yang berwarna abu-abu yang lebih besar pada responden yang sering melakukan membakar kalori. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer.

Baca Juga  Bolehkah Obat Batuk Untuk Orang Dewasa diberikan Kepada Anak ?

Apa artinya ? artinya adalah dengan banyak melakukan aktivitas akan mampu mencegah kita dari penyakit otak yaitu pikun. Dengan sering membakar kalori maka otak kita akan bisa berfikir dengan bagus, tajam serta mempunyai daya ingat yang cukup baik.

Secara alamiah, daerah otak yang berwarna abu-abu akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Namun hal ini bisa kita cegah dengan cara banyak membakar kalori atau melakukan aktivitas fisik.

Untuk masalah jenis aktivitas fisik yang bisa membakar kalori, para pakar tidak menjelaskan secara khusus. Anda bisa memilih berbagai kegiatan fisik yang bisa bermanfaat untuk membakar kalori. Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan sesuai kemmapuan kita.

Baca Juga  Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga ?

Bagi anda yang menginginkan fungsi otak kita awet muda, maka mulai sekarang lakukan banyak aktivitas fisik secara teratur. Hal ini akan bisa menjaga fungsi otak kita sampai tua nanti.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Sering Berdoa Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *