Sering Membacakan Buku Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak anak, maka seringlah membacakan cerita kepada anak. Kebiasaan ini juga terbilang sangat di sukai oleh anak-anak pada umumnya. Selain membuat anak senang, membacakan cerita juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

 

Tahukah anda kalau seorang anak mempunyai delapan tipe kecerdasan. Hal ini diungkapkan oleh seorang pakar kecerdasan multipel yang bernama Dr Thomas Armstrong. Dari delapan kecerdasan tersebut, salah satu pasti ada yang menonjol.

membacakan-dongeng

sumber gambar : http://obatherbalmultikhasiat.com/

Oleh karena itu sangat penting sekali sebagai orang tua untuk bisa menstimulasi delapan kecerdasan yang terdapat pada seorang anak. Dengan stimulasi yang baik, maka kecerdasan tersebut akan lebih optimal bagi seorang anak.

 

Berikut secara detail delapan jenis kecerdasan pada seorang anak :

 

1. Word smart (kecerdasan linguistik)
Tipe kecerdasan yang pertama yang dimiliki oleh seorang anak adalah word smart (kecerdasan linguistik). Untuk bisa meningkatkan kecerdasan jenis ini, maka orang tua harus lebih sering membacakan anak cerita dengan kata-kata yang menyenangkan dan di ucapkan dengan jelas. Hal ini akan membuat anak lebih senang dan mengenal kata.

Baca Juga  Apakah Benar Selaput Darah Menjadi Patokan Keperawanan Seorang Wanita ?

 

2. Number smart (kecerdasan logika atau matematis)
Kecerdasan yang kedua adalah jenis number smart (kecerdasan logika atau matematis). Untuk meningkatkan kecerdasan ini bisa juga dengan membacakan cerita kepada anak, kemudian anak disuruh untuk menghitung gambar-gambar yang terdapat pada buku cerita. Hal ini bisa merangsang kecerdasan logika atau matematis anak.

 

3. Picture smart (kecerdasan spasial)
Jenis kecerdasan anak yang ketiga adalah picture smart (kecerdasan spasial). Untuk bisa meningkatkan kecerdasan ini, maka orang tua bisa menstimulasinya dengan cara melatih anak untuk melihat banyak gambar dalam sebuah buku cerita, kemudian berusaha untuk menjelaskan maksud dari gambar-gambar tersebut.

 

4. Musik smart (kecerdasan musikal)
Ternyata sering membacakan anak cerita dengan di selingi irama senandung atau bernada musik bisa melatih kecerdasan musikal seorang anak. Ini menjadi sebuah kreatifitas seorang orang tua saat membacakan sebuah cerita kepada anak.

Baca Juga  Benarkah Minum Air Lemon Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan ?

Baca Juga : Benarkah Suka Bermain Musik Bisa Meningkatkan Kecerdasan ?

 

5. Body smart (kecerdasan kinetik)
Saat kita membacakan cerita kepada seorang anak, maka tidak disarankan dengan kondisi yang malas. Anda harus lebih ekspresif dengan mengikuti alur cerita dan dibarengi dengan gerakan tangan atau anggota gerak tubuh sehingga bisa melatih kecerdasan kinetaik seorang anak.

 

6. Nature smart (kecerasan naturalis)
Jenis kecerdasan anak yang ke enam adalah nature smart (kecerdasan naturalis). Seorang anak yang memiliki kecerdasan nature smart ini akan cenderung lebih suka bermain di alam. Untuk menstimulasinya anda bisa membacakn cerita kepada anak dengan menceritakan hal-hal alam seperti seekor burung yang membuat sangkar atau kucing yang bermain lari-larian bersama kucing yang lain.

Baca Juga  Cara Mudah Meredakan Stres Dengan Duduk Santai di Bawah Pohon

 

7. People smart (kecerdasan interpersonal)
Jenis kecerdasan anak yang selanjutnya adalah people smart (kecerdasan interpersonal). Seorang anak dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi biasanya sangat suka untuk bermain drama saat diberikan sebuah buku cerita.

 

8. Self smart (kecerdasan intrapersonal)
Kecerdasan anak yang terakhir adalah jenis self smart (kecerdasan intrapersonal). Kondisi ini berbalik dengan anak yang mempunyai kecerdasan interpersonal yang lebih suka bermain drama dengan orang lain. Anak dengan kecerdasan intrapersonal akan lebih suka bermain sendirian.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *