Sering Memasak Dengan Suhu Yang Tinggi dan Lama Bisa Menyebabkan Kanker

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa kebiasaan sering memasak makanan dengan suhu yang tinggi dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya suatu senyawa yang bisa menyebabkan kanker jika dikonsumsi.

Kondisi ini membuat sebuah lembaga pengawasan makanan yang berasal dari Inggris yang bernama FSA sedang gencar mempromosikan mencegah senyawa kimia yang bernama akrilamida dalam suatu makanan.

sumber gambar : Tribunnews.com

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak kita masak dengan suhu yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama misalnya saja kentang, roti, ubi, aneka sayuran dll.

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Beras Analog Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Baca Juga : Tips Memasak Agar Kandungan Gizi Tetap Optimal

Yang membuat muncul suatu reaksi kimia pada makanan yang mengandung gula dan protein yang bisa memicu kanker adalah disebabkan karena terpapar panas yang bisa mencapai 120 derajat celcius. Beberapa kegiatan memasak yang bisa mencapai suhu tersebut adalah menggoreng, memanggang dan membakar.

Sering kali orang memanggang beberapa jenis makanan seperti kentang goreng, roti yang dipanggang dan keripik sampai membuat berubah warna menjadi cokelat. Kondisi ini menjadi suatu peringatan yang penting oleh para pakar kesehatan.

Baca Juga  Inilah Yang Akan Terjadi Saat Kita Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Hal ini sudah terbukti berdasarkan sebuah hasil studi yang melibatkan tikus yang diberikan makanan yang mengandung unsur akrilamida bisa menyebabkan penyakit kanker dan kerusakan pada sistem saraf.

Dengan adanya hasil studi ini bukan berarti tidak disarankan untuk memasak makanan dengan cara memanaskan atau menggoreng. Yang perlu diperhatikan adalah jangan suka memanaskan makanan dalam suhu yang tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Jika anda menggoreng suatu makanan, maka cukup dengan perubahan warna menjadi kekuningan dan segera ambil. Jangan suka membiarkannya sampai berubah menjadi kecokelatan. Kondisi ini menunjukkan adanya kandungan akrilamida yang bisa memicu kanker jika kita konsumsi.

Baca Juga  Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

Artikel Terkait : Bahaya Memanaskan Makanan Dalam Kemasan Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *