Sering Makan Tidak Teratur Bisa Memicu Obesitas dan Diabetes Tipe 2

header niko 728 x 90

menunda waktu makan

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa kebiasaan sering menunda waktu makan atau makan tidak teratur bisa memicu obesitas dan diabetes tipe 2. Sering kali tanpa kita sadari sering melakukan hal ini. Bisa disebabkan karena tuntutan pekerjaan kantor atau saat berangkat kerja karena bangun terlambat makanya kita melewatkan sarapan.

Tahukah kita bahwa berdasarkan dua hasil studi menyebutkan bahwa untuk menentukan kesehatan seseorang bukan hanya ditentukan dari jenis makanan yang dikonsumsi saja, namun waktu makan juga berperan dalam menentukan kesehatan seseorang.

Secara tidak langsung kebiasaan suka makan tidak teratur akan meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah menjadi tinggi dan meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Belum lagi ditambah urusan berapa banyak kalori yang kita konsumsi saat kita menunda waktu makan.

Baca Juga  Batasan Mengkonsumsi Kafein Yang Aman

Bukan hanya itu saja, sebuah studi yang lain juga menyebutkan bahwa seseorang yang suka makan tidak teratur meningkatkan resiko mengalami kadar kolesterol dan insulin yang lebih tinggi. Hal ini berbeda dengan mereka yang suka makan teratur meskipun dalam sehari jumlahnya enam kali.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Kita Gemuk

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang terbiasa makan teratur meskipun mengkonsumsi banyak kalori, tetap tidak menyebabkan peningkatan resiko obesitas dan diabetes. Hal ini berbeda dengan mereka yang suka menunda waktu makan walaupun tidak banyak mengkonsumsi kalori.

Baca Juga  Apa Manfaat Sering Konsumsi Bawang Putih ?

Sepertinya saat kita membaca hasil studi ini kurang masuk akal, namun kenyataannya demikian. Sering makan tidak teratur sangat erat kaitannya dengan obesitas dan meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang suka makan teratur.

Yang menyebabkan ini semua adalah pada hakekatnya tubuh kita mempunyai jam internal yang tergantung dari kebiasaan pola makan kita. Saat kita sering makan tidak teratur, maka jam internal seperti proses metabolisme dan pencernaan menjadi tidak teratur yang meningkatkan resiko gangguan kesehatan.

Jadi kalau anda sangat memperhatikan kesehatan, maka mulai sekarang jangan suka menunda waktu makan atau makan tidak teratur yang terlihat sepele namun ternyata mempunyai efek yang sangat besar bagi kesehatan kita terutama meningkatkan resiko obesitas dan penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga  Begini Cara Melakukan Putus Yang Manusiawi

Artikel Terkait : Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *