Sering Konsumsi Obat Pereda Nyeri Bisa Berefek Pada Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa kebiasaan sering mengkonsumsi obat pereda nyeri bisa berefek pada kesehatan jantung. Ada beberapa orang yang sakit sedikit sudah beli obat pereda nyeri. Ini menjadi kebiasaan yang kurang bagus.

minum-obat-nyeri

sumber gambar : medis.web.id

Saat terjadi nyeri atau misalnya sakit kepala, mengkonsumsi obat pereda nyeri memang akan membuat kita cepat melupakan rasa sakit. Namun ada resiko yang harus kita tanggung jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Ada banyak jenis golongan obat antiperadngan non-steroid (NSAIDs) seperti contoh ibuprofen, diclofenac, naproxen dan jenis obat pereda nyeri lainnya.

Baca Juga : Makanan Alami Untuk Mengobati Rasa Sakit 

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan dengan melibatkan sebanyak 10 juta orang dengan rata-rata usia 70 tahun. mereka diketahui sering mengkonsumsi obat nyeri. Hasilnya adalah kecenderungan mereka akan mengalami resiko gagal jantung. Kondisi ini akan menyebabkan kematian.

Baca Juga  Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi ?

Kita tahu bahwa orang yang sudah lanjut biasanya memang suka mengkonsumsi obat pereda nyeri karena seringnya nyeri pada persendian. Resiko gagal jantung itu akan naik sebanyak 19 persen jika kita sering mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Mengingat hasil studi yang demikian, maka sebuah yayasan jantung yang berasal dari Inggris yang bernama BHF sangat menyarankan untuk mengkonsumsi obat NSAIDs dengan dosis yang paling rendah dan jangan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Penting juga mencantumkan sebuah peringatan bagi mereka yang mempunyai resiko penyakit jantung untuk tidak mengkonsumsinya setiap hari.

Baca Juga  5 Hal Yang Menyebabkan Kulit Cepat Keriput

Bagi orang yang masih mudah masih sangat aman mengkonsumsi obat pereda nyeri. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi nyeri yang disebabkan karena olahraga atau lainnya dan tidak berlangsung lama.

Apabila anda sering kali meresakan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu dan mengharuskan anda untuk konsumsi obat nyeri, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga  Beberapa Jenis Bumbu Pedas Pada Makanan Yang Bisa Membuat Kita Panjang Umur

Bagi anda yang sering kali mengalami sakit kepala, maka bisa mengkonsumsi obat nyeri seperti paracetamol karena lebih cocok. Namun jika anda mengalami cidera otot, maka disarankan untuk mengkonsumsi jenis ibuprofen karena cidera otot ada unsur inflamasinya.

Artikel Terkait : Saat Hamil Jangan Sembarangan Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *