Sering Konsumsi Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

header niko 728 x 90

pemanis buatan

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis buatan ternyata justru bisa meningkatkan nafsu makan. Tentu hal ini menjadi kabar buruk bagi anda yang suka dengan makanan jenis ini.

Misalnya saja saat kita sering konsumsi soda diet. Ternyata kebiasaan sering konsumsi soda diet tidak jauh lebih sehat dibandingkan dengan minum soda biasa. Mungkin anggapan kita selama ini soda diet bisa menjadi solusi agar berat badan kita tidak naik. Namun karena pemanis yang digunakan adalah bukan pemanis dari gula asli, maka konsumsi soda diet justru bisa memicu kita banyak makan.

Untuk membuktikan hal ini, maka para peneliti telah membuktikannya dengan menerapkan pola makan yang mengandung pemanis buatan pada beberapa ekor tikus. Beberapa ekor tikus tersebut diberikan perlakuan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan selama tujuh hari. Hasilnya adalah para tikus tersebut nafsu makannya akan meningkat hampir 50 persen dibandingkan dengan tikus yang mendapatkan makanan yang mengandung gula asli.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Nasi

Studi kali ini telah dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism. Ini menunjukkan bahwa saat kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, maka akan merangsang otak untuk menarik lebih banyak makanan lagi. Kita tahu bahwa pemanis buatan tidak banyak memberikan kita kalori, padahal dengan adanya rasa manis otak kita mengasumsikan banyak kalori yang akan diterima oleh tubuh kita.

Baca Juga  Bahaya Jika Ibu Hamil Terkena Melanoma

Baca Juga : Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

Oleh karena itu meskipun kita banyak mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung pemanis buatan, maka jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita sedikit. Itu sebabnya otak kita memberikan sinyal untuk meningkatkan asupan kalori yang lebih sehingga mendorong kita untuk makan lagi.

Bagi anda yang saat ini merasa nafsu makan yang semakin besar, maka coba kita berangan-angan apakah kita suka konsumsi jenis makanan yang mengandung pemanis buatan ?. Jika ternyata benar, maka segera hentikan kebiasaan kita tersebut sebelum berat badan kita meningkat atau bahkan oebsitas.

Terlebih jika kita melihat informasi di televisi yang menunjukkan buruknya kualitas makanan yang banyak beredar di negara kita. Tentu hal ini menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh kita. Untuk menghindari dari jenis makanan yang mengandung pemanis buatan maupun bahan lain yang berbahaya, maka sebaiknya kita lebih suka untuk konsumsi makanan yang alami yang terbebas dari resiko zat-zat tambahan yang berbahaya.

Baca Juga  Dampak Buruk Kurang Tidur Membuat Sel Imun Menjadi Lemah

Artikel Terkait : Mau Tahu Efek Minuman Bersoda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *