Sering Konsumsi Daging dan Makanan Manis Bisa Menyebabkan Gemuk

bahaya sering makan daging

InspirasiBersama.com – Memiliki berat badan yang berlebih memang sangat dihindari oleh banyak orang. Selain menurunkan rasa percaya diri, mengalami obesitas juga kerap dihubungkan dengan beberapa macam penyakit berbahaya. Namun banyak orang belum tahu kalau sering konsumsi daging dan makanan yang manis bisa memicu kenaikan berat badan.

Sebenarnya mengkonsumsi daging tidak sepenuhnya bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Namun karena kandungan protein yang tinggi pada daging membuat tubuh kita berpotensi untuk mengalami kenaikan. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Universitas Adelaide yang menyebutkan bahwa yang menjadi penyebab makan daging bisa menyebabkan kegemukan adalah bukan karena kandungan lemak atau karbohidratnya, namun lebih disebabkan karena kandungan protein yang tinggi.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur ?

Mengapa bisa terjadi demikian ? Secara alamiah tubuh kita akan lebih mudah mencerna sumber makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak. Hal ini berbeda dengan protein yang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mencernanya.

Bukan hanya itu saja, saat ada banyak sumber lemak atau karbohidrat dalam tubuh kita, maka secara alami tubuh akan segera memprosesnya menjadi sebuah kalori atau energi untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari. Hal ini akan berlangsung lebih cepat.

Baca Juga  Sering Kesepian Bisa Meningkatkan Resiko Bunuh Diri

Kondisi yang berbeda dengan protein. Saat ada asupan banyak protein masuk dalam tubuh kita, maka untuk memprosesnya membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu sering kali protein akan disimpan oleh tubuh dan dirubah menjadi lemak yang tersimpan.

Secara alamiah tubuh kita memang memerlukan asupan protein untuk menunjang banyak kegiatan organ tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka bisa menyebabkan tubuh kita mengalami obesitas.

Baca Juga  Benarkah Labuan Bajo Layak Menjadi Destinasi Kelas Dunia ?

Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging secara wajar dan tidak berlebihan. Jangan suka mengkonsumsi makanan yang meskipun sehat dalam jumlah yang berlebihan karena bisa  menyebabkan efek buruk bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meredakan Nafsu Makan Yang Berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *