Sering Kali Lupa Disebabkan Oleh 3 Hal Berikut

header niko 728 x 90

sering lupa

InspirasiBersama.com – Kalau kita membahas tentang memori, maka bisa dikatakan sebuah hal yang unik. Mengapa dikatakan unik ? hal ini disebabkan karena dengan memori kita bisa mengingat hal-hal yang sudah lama kita lakukan. Namun sisi lain terkadang kita lupa dengan hal-hal yang beberapa saat yang lalu kita lakukan. Ternyata kejadian sering lupa ini sering disebabkan karena 3 hal.

Sekarang ini sering kita menjumpai seseorang dengan usia yang masih terbilang muda, namun sudah mengalami sering lupa. Padahal penyakit ini kerap dikaitkan dengan faktor bertambahnya usia seseorang. Saat seseorang yang sudah berusia lanjut, maka normal terjadi penurunan fungsi memori.

Bagi anda yang masih tergolong muda dan sering merasakan sering lupa, mungkin anda harus memperhatikan beberapa kebiasaan berikut yang sering kita lakukan dalam sehari-hari. Berdasarkan sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan orang yang ternyata bisa berakibat pada penurunan daya ingat serta demensia.

Berikut 3 kebiasaan yang sering dilakukan yang bisa menyebabkan sering lupa :

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

– Kurang tidur
Hal pertama yang sering menyebabkan penurunan fungsi memori seseorang adalah disebabkan karena kurang tidur. Kita semua tahu bahwa dengan tidur yang cukup akan berdampak sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita termasuk fungsi memori otak. Jadi bisa dipastikan jika kita kurang tidur, maka akan terjadi penurunan fungsi memori otak dalam mengingat.

Mengapa ada orang yang mudah lupa dengan informasi yang baru masuk ? Hal ini disebabkan karena memang bagian otak yang berfungsi untuk menyimpan memori jangka pendek memiliki area yang lebih kecil. Oleh karena itu sering kali kita lupa dengan hal-hal yang barusan kita lakukan saat ada informasi baru masuk.

Saat seseorang melakukan tidur dengan cukup, maka informasi jangka pendek yang diterima otak akan ditransfer ke bagian prefrontal cortex yang merupakan area untuk penyimpanan memori jangka panjang yang memiliki kapasitas lebih besar. Maka tidak heran jika kita tidur dengan cukup akan lebih mudah untuk mengingat hal-hal yang jangka pendek.

Baca Juga  Sering Minum Es Teh Bisa Memicu Batu Ginjal

Yang harus diperhatikan oleh kita adalah memberikan waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari pada malam hari. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar memori otak kita tetap sehat.

Baca Juga : Benarkah Orang Gemuk Beresiko Tinggi Mudah Lupa

– Fluktuasi hormon
Tahukah kita bahwa ketidakseimbangan kadar hormon tubuh (estrogen, progesteron, testosteron, tiroid) sangat berpengaruh besar terhadap kemampuan kognitif otak. Saat kita mengalami gangguan keseimbangan kadar hormon, maka sering kali kita mengalami gangguan sulit berkonsentrasi dan daya ingat menjadi menurun.

Kondisi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sering kali kita jumpai pada seorang wanita yang sedang menstruasi, hamil dan menopause. Selain itu seorang pria usia lanjut juga kerapa mengalami hal ini yang disebabkan karena tidak penurunan kadar hormon testosteron.

Meskipun demikian, kita dituntut untuk mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi untuk menjaga kesehatan memori otak kita. Disamping itu disarankan pula untuk rajin berolahraga, suka membaca, mengisi TTS yang sudah terbukti secara ilmiah mampu mencegah penurunan daya ingat.

Baca Juga  Mengenal Tentang Jerawat Modern

 

– Otak yang sibuk
Kebiasaan ke-3 yang sering menyebabkan kita sering lupa adalah sering melakukan kegiatan yang membuat otak terlalu sibuk. Sekarang ini banyak orang yang terlalu sibuk dengan layar komputer, maen game dan gadget. Bukan hanya itu saja, mereka cenderung melakukan hal berat tersebut secara bersamaan, misalnya mengerjakan tugas di laptop sambil nonton televisi dan memantau sosmed melalui handphone. Beban yang terlalu berat seperti inilah yang membuat kinerja otak kita sangat berat sehingga menurun kemampuan kognitif dan memorinya.
Artikel Terkait : Manfaat Tidur Siang Bagi Ketajaman Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *