Seorang Atlet Juga Bisa Mengalami Sakit Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang seorang atlet, pasti anggapan kita lekat dengan kata fisik yang bugar, sehat dan punya stamina yang kuat. Meskipun seorang atlet rajin untuk latihan dan olahraga, tidak menutup kemungkinan juga bisa mengalami sakit jantung.

sumber gambar : Tribunnews.com

Banyak para atlet yang ingin berusaha mencapai hasil yang maksimal dengan melakukan latihan dengan sangat berat dan terkesan memaksakan. Ternyata kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada jantung yang membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Banyak para atlet yang tak sadar akan hal ini.

Baca Juga : Pentingnya Melakukan Cek Denyut Jantung Saat Berlari

Kondisi ini terbukti dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada atlet yang berasal dari Italia. Dalam penelitian selama 10 tahun, didapatkan data bahwa sekitar 4 persen atlet mereka mengalami gangguan jantung saat dilakukan pemeriksaan rekan jantung atau ECG, MRI dan CT Scan.

Baca Juga  Dampak Kesehatan Jika Suka Malas-Malasan Saat Akhir Pekan

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa secara umum kalau kita melihat atlet akan erat kaitannya dengan tubuh yang sehat, namun ada sebuah resiko yang banyak tidak disadari yaitu kematian mendadak yang disebabkan karena penyakit jantung.

Kondisi lain juga terbukti berdasarkan sebuah pemeriksaan terhadap 2300 atlet yang mengikuti kejuaraan Olimpiade Athena pada tahun 2004 sampai Olimpiade Musing Dingin pada tahun 2014 yang berlangsung di Rusia, menyebutkan bahwa sebelum mereka bertanding dilakukan sebuah tes fisik, riwayat medis dan rekam jantung atau ECG didapatkan sekitar 92 atlet yang ternyata mengalami kinerja jantung yang apnormal.

Baca Juga  Manfaat Jalan Kaki Bikin Tubuh Sehat

 

Para peneliti menemukan gangguan jantung yang terjadi pada 92 atlet tersebut tidak ada hubungan dengan jenis olahraga yang ditekuni, namun lebih disebabkan karena faktor keturunan, riwayat hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Yang menjadi berbahaya adalah ternyata gangguan fungsi jantung yang dialami oleh beberapa atlet, ternyata tidak berpengaruh besar pada performa saat bertanding. Oleh karena itu banyak diantara mereka yang mengabaikan hal ini.

Jika kondisi ini dilakukan secara terus dalam waktu yang lama, maka akan bisa menyebabkan sebuah serangan jantung mendadak yang bisa berujung pada kematian. Oleh karena itu, meskipun di cap sebagai seorang atlet, sebaiknya juga rutin melakukan pemeriksaan jantung. Hal ini untuk mencegah kondisi yang lebih buruk.
Artikel Terkait : Penyebab Banyak Orang Tak Sadar Punya Masalah Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *