Seorang Anak Yang Sering Stres Meningkatkan Resiko Serangan Asma

header niko 728 x 90

stres pada anak

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa seorang anak yang sering mengalami asma ternyata meningkatkan resiko terkena serangan asma. Untuk membuktikan ini, maka para peneliti melakukan analisa terhadap 46 anak yang terdiagnosa asma. Dalam mengkaji kekambuhan asma, maka pera peneliti meminta kepada orang tua untuk mengisi data kekambuhan asma pada anaknya.

Selain itu para peneliti melakukan pertanyaan kepada para anak. Pertanyaannya adalah ‘bagaimana kamu menjalani hari ini ?’. Para anak diberikan pilihan jawaban dengan pilihan sangat buruk, buruk, baik dan sangat baik. Selain itu para anak juga diharuskan melingkari ekspresi wajah bahagia atau sedih pada lembar jawaban yang disediakan.

Baca Juga  Penyebab Seseorang Mengompol Pada Orang Dewasa

 

Dalam melakukan penelitian ini, para peneliti melakukannya selama tiga bulan. Dari hasil kesimpulan yang dilakukan, ternyata ada sekitar 60 persen anak yang mengalami kekambuhan asma pada malam hari dalam kurun waktu tiga bulan. Ternyata kebanyakan dari para anak tersebut memilih melewati hari dengan sangat buruk.

Dalam penelitian ini di kepalai oleh Dr Caroline C. Horner yang berasal dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak yang berada di Washington AS. Menurutnya jika seseorang atau anak mengalami stres, maka akan membuat steroid menjadi aktif kembali yang berdampak pada hidupnya sel kekebalan yang kita kenal dengan ‘sel mast’ yang terdapat pada paru-paru. Saat tubuh kita mengalami alergi, maka sel mast ini akan mengeluarkan histamin.

Baca Juga  Deretan Makanan Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan Mata Selain Wortel

Jadi apabila kita mempunyai seorang anak yang menderita asma, maka usahakan anak terhindar sari stres yang akan membuat kekambuhan semakin sering. Berikan suasana bahagia kepada anak kita dengan mengajaknya bermain, jalan-jalan, olahraga serta membuat suasana rumah yang ceria.

Artikel Terkait : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *