Selera Makan Anak Meniru Kebiasaan Orang Tua

header niko 728 x 90

selera makan anak

InspirasiBersama.com – Biasanya seorang orang tua merasa bingung melihat pola makan anak yang tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Biasanya anak tidak suka makan buah dan sayur, tidak suka makan nasi, dan lebih suka makanan ringan yang kurang sehat. Melihat yang demikian, ternyata bisa saja selera makan anak meniru kebiasaan orang tua.

Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa selera makan seorang anak sangat dipengaruhi oleh selera makan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa betapa besar pengaruhnya selera makan orang tua terhadap anak.

Baca Juga : Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

Jadi apabila anda memiliki anak yang tidak suka makan buah dan sayur, jangan terburu-buru memarahi anak. Kita harus introspeksi diri, apakah kita sebagai orang tua sudah mencontohkan kepada anak kalau kita juga suka makan buah dan sayur ?

Baca Juga  Penderita Diabetes Sangat disarankan Untuk Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Menurut para ahli, perilaku makan termasuk sebuah aktivitas fisik yang bersifat sosial. Oleh karena itu apa saja yang dilihat anak dari orang tua dan lingkungan sekitar akan sangat mempengaruhi anak dalam menentukan pilihan jenis makanan yang di sukai.

Contoh sederhananya adalah apabila kita ingin mempunyai seorang anak yang suka makan sayuran brokoli, maka sebagai orang tua harus lebih sering makan brokoli sehingga anak kita tahu kalau orang tua juga sangat suka.

Baca Juga  Apakah Aman Minum Susu Sapi Yang Sedang Hamil ?

Selain hal itu, apabila ternyata seorang anak memiliki selera makan yang menurun atau susah makan, maka para pakar menyatakan bahwa yang harus disalahkan adalah orang tua. Hal ini disebabkan karena selera makan anak tidak akan jauh dengan apa yang dilihat anak tentang selera makan orang tuanya.

Salah satu hal yang membuat anak mempunyai pikiran yang positif terhadap makanan adalah karena adanya pengalaman yang menyenangkan bersama keluarga saat makan. Misalnya saja saat makan bersama-sama satu meja dengan orang tua. Hal ini akan sangat melekat pada otak anak sehingga memunculkan persepsi bahwa makan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga  Penyebab Rasa Kesepian Yang Meningkat Pada Malam Hari

Artikel Terkait : Pentingnya Mengenalkan Sayur Pada Anak Sedini Mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *