Sekarang Ini Usia Muda Sudah Harus Waspada Stroke

header niko 728 x 90

waspada stroke usia muda

InspirasiBersama.com – Stroke merupakan penyakit yang dahulu identik dengan usia tua. Namun sekarang ini usia muda sudah harus waspada stroke. Hal ini dikarenakan saat ini banyak kasus stroke yang melanda usia muda yang seharusnya masih sangat produktif.

Adanya kasus stroke yang melanda kaum muda dewasa ini lebih disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Menurut para pakar sekarang ini usia di bawah 45 tahun sudah beresiko terkena penyakit syaraf yaitu stroke.

Menurut seorang ketua departemen neurologis yang sekaligus seorang profesor neurologi di Temple University Medical School di Philadelphia yang bernama S. Ausim Azizi, MD mengatakan pada kasus stroke yang menyerang kaum muda memiliki penanganan yang berbeda dengan stroke yang menyerang usia tua.

Baca Juga  Ketahui Penyebab Mengapa Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua

Secara umum kejadian stroke disebabkan karena adanya suplai oksigen yang kurang ke otak. Untuk masalah penyebab kurangnya suplai oksigen ke otak, bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dan penyumbatan pada jantung. Apabila ada penyumbatan pada pembuluh darah bisa menyebabkan pembuluh darah akan pecah. Pada kasus stroke yang demikian dalam dunia medis dikenal dengan stroke ischemic.

Menurut Dr. Azizi kasus stroke yang sering menyerang orang muda lebih sering disebabkan karena adanya masalah pada jantung dan penggunaan obat-obatan terlarang yang dimasukkan lewat pembuluh darah atau intravena. Untuk jenis penyakit jantung yang sering terjadi seperti adanya rematik jantung, katup jantung yang tidak normal.

Baca Juga  Benarkah Melakukan Yoga Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma ?

 

Pencegahan dan pemulihan
Lagi-lagi akar masalahnya ada pada peningkatan berat badan atau obesitas. Orang yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi memiliki tekanan darah yang tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi. Disamping itu obesitas juga menyebabkan resiko tinggi penyakit diabetes. Saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol akan meningkatkan resiko stroke.

Bagi penderita stroke yang masih muda, biasanya akan pulih dengan baik dibandingkan dengan mereka yang menderita stroke pada usia tua. Hal ini bukan berarti stroke pada usia muda aman bagi kesehatan. Kita tahu bahwa stroke merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian yang tinggi selain jantung.

Untuk menghindari terjadinya stroke pada usia muda, maka ada beberapa tips yang disarankan oleh para pakar kesehatan. Diantaranya adalah rutin memeriksakan kesehatan meliputi tekanan darah, kadar gula, kadar kolesterol, rajin melakukan olahraga secara teratur setiap hari, jangan banyak makan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gula, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan yang terakhir adalah hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan obat-obatan terlarang.

Baca Juga  Resah Dengan Rasa Mual ? Minum Ini Untuk Mengatasinya

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *