Sehat Bisa Diawali Dari Alat Dapur Anda

header niko 728 x 90

alat dapur

Tahukah kita berdasarkan sebuah penelitian dari College of Agriculture and Environmental Sciences di University of Georgia menyatakan bahwa pisau dapur merupakan salah satu sumber penyebaran kuman pada makanan yang kita konsumsi.

Untuk bahan makanan yang dimakan secara langsung seperti buah-buahan dan salad anda sangat disarankan untuk mencuci terlebih dahulu pisau yang hendak digunakan untuk mengupas atau mengiris tadi. Untuk jenis makanan yang sifatnya dimasak, maka kuman bisa mati saat proses pemanasan.

 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Food Microbiolog sangat disarankan untuk mempunyai dua perelatan dapur untuk jenis makanan yang mentah dan makanan yang sudah siap langsung dimakan.
Salah satu bakteri yang bisa ditularkan dengan peralatan dapur adalah solmonella. Hal ini bisa menyebabkan kita mengalami diare, demam dan kram perut. Jenis makanan daging, susu yang tanpa proses pasteurisasi bisa menyebabkan anda diare, nyeri perut, demam dan muntah.

Baca Juga  Kenali Ciri Orang Yang Kecanduan Belanja

 
Contoh sederhananya adalah apabila ada salah satu tomat di dapur yang kotor, maka akan bisa mengontaminasi bahan makanan yang lainnya. Tomat merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki resiko kontaminasi lebih besar dari pada jika kita memotong stroberi.

 
Untuk meminimalisir penularan kuman lewat pisau dapau anda maka solusinya adalah lakukan cuci tanga dengan benar kurang lebih selama 20 detik dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Gosok pada sela jari, kuku, punggung tangan sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih. Saat kita melakukan pengupasan bahan makanan, maka sangat disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan menggosok-gosok kulit luar dari buah dan sayur. Keringkan terlebih dahulu baru kita memulai untuk pemotongan.

Baca Juga  Manfaat Bintik Hitam Pada Pisang Bisa Untuk Deteksi Kanker

 

Artikel Terkait : Cara Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *