Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil sebuah survei menyebutkan bahwa dua pertiga pengguna media sosial menyebutkan bahwa apa yang mereka kirim adalah sebuah bentuk manipulasi realitas. Survei ini telah dilakukan sebuah situs yang bernama Penocurage.

Kebanyakan orang akan hanya menampilkan foto-foto tentang hal yang positif saja, namun seperti saat anda mengalami jerawat tak pernah anda tunjukkan di media sosial. Hal ini akan terkesan anda adalah sosok yang menarik.

sumber gambar : Tabloidbintang.com

Berikut beberapa pengaruh media sosial bagi kesehatan mental manusia :

Amnesia digital

Pengaruh besar media sosial bagi kesehatan mental seseorang bisa menyebabkan amnesia digital. Hal ini disebabkan  karena kebanyakan apa yang ditampilkan dalam media sosial adalah sebuah kebohongan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca Juga  Kebiasaan Saat Mandi Yang Bisa Menyebabkan Kulit Iritasi

Apabila anda semakin sering menampilkan hal semacam itu pada media sosial, maka menurut para pakar kesehatan akan menyebabkan otak kita berjuang dalam memisahkan antara hal yang fakta dan fiksi.

Banyak orang yang sering menggunakan media sosial justru akan merasakan kecemasan yang membuatnya tidak tenang. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental.

Baca Juga : Hasil Survei : Hidup Tanpa Media Sosial Lebih Bahagia

Selain itu orang yang sering kali menggunakan media sosial kerap mempunyai perasaan yang negatif terhadap orang lain maupun teman dekat. Kondisi ini lebih disebabkan karena adanya kompetisi tentang apa yang ditampilkan dalam media sosial.

Baca Juga  Lama Gak Hamil ? Jangan Terburu-buru Melakukan Program Bayi Tabung

Facebook tak sepenuhnya memberi efek negatif

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan di Jerman menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktu di Facebook yang hanya untuk mencari tahu profil orang lain akan membuat seseorang menjadi cemas, irihati dan merasa kesepian.

Kebanyakan mereka akan menganggap bahwa hidup yang sedang dialaminya tampak kurang beruntung dibandingkan dengan orang lain atau teman yang ada di media sosial.

Sebenarnya media sosial tidak pasti memberikan pengaruh mental yang buruk. Dalam sebuah hasil studi yang lain menyebutkan bahwa orang yang sering menggunakan media sosial dan banyak melakukan interaksi dengan orang lain dan tidak melakukan mata-mata terhadap kehidupan orang lain justru akan membuat emosi yang lebih baik.

Baca Juga  Alasan Mengapa Tidak disarankan Mencukur Bulu Kemaluan Sebelum Berhubungan Seks

Jadi menurut para pakar yang terpenting adalah selektif dalam membaca sebuah konten yang ada di media sosial. Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas yang mendukung seperti komunitas ibu-ibu pecinta masakan yang bisa memberikan manfaat dan motivasi yang positif bagi kita.

Artikel Terkait : 3 Tips Agar Kita Terhindar Dari Pengaruh Buruk Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *