Seberapa Banyak Kita Boleh Mengkonsumsi Air Putih Dalam Sehari ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Asupan cairan yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan keseimbangan cairan yang baik, maka organ tubuh kita akan bisa berfungsi dengan lebih baik. Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka minum air putih adalah sangat penting. Seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi air putih dalam sehari ?

sumber : hellosehat.com – batasan minum air putih dalam sehari

Tahukah kita bahwa menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa selain sangat berperan dalam fungsi berbagai organ dalam tubuh, asupan cairan yang cukup juga akan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Dengan cairan yang cukup, kita juga akan terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat suhu tubuh kita meningkat.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah harus seberapa banyak kita minum air putih dalam sehari ? Informasi yang paling banyak di dapatkan semua orang adalah delapan gelas perhari. Padahal yang benar adalah jumlah tersebut bisa lebih karena tergantung sekali dengan berat badan dan juga aktivitas yang dilakukan. Semakin banyak atau berat aktivitas seseorang, maka kebutuhan air minum akan lebih besar dari itu.

Baca Juga  Minum Kopi Bisa Membuat Panjang Umur ! Benarkah Demikian ?

Sebagai contoh adalah orang yang bekerja dalam lingkungan dengan suhu yang lebih hangat atau panas. Pada kondisi ini tentu akan lebih banyak menguras keringat sehingga membuat kebutuhan cairan jauh lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang bekerja di dalam ruangan yang dingin. Selain itu berat badan seseorang juga mempengaruhi seberapa besar kebutuhan cairan yang harus dipenuhi.

Menurut salah seorang pakar kesehatan yang bernama Dr. Micheal Mosley menyatakan bahwa kebutuhan akan cairan pada setiap orang berbeda-beda. Bahkan bagi seorang pria dan wanita mempunyai kebutuhan cairan yang berbeda. Bagi seorang wanita, ternyata disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan kurang lebih sebanyak dua liter dalam sehari. Sedangkan bagi seorang pria jumlahnya lebih besar yaitu disarankan sebanyak tiga liter air dalam sehari.

Baca Juga  Bisakah Kadar Asam Urat Menjadi Rendah ?

Perlu diketahui bahwa sumber cairan tubuh tidak harus berasal dari minuman saja. Makanan juga bisa menjadi sumber tambahan cairan oleh tubuh. Yang harus kita perhatikan adalah sinyal tubuh masing-masing. Pada dasarnya tubuh kita akan memberikan sebuah sinyal kalau kita mengalami kekurangan cairan yang ditandai dengan rasa haus. Pada kondisi ini sebaiknya kita mengkonsumsi air putih yang cukup untuk kembali mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga  Diet Ketogenik Untuk Menurunkan Berat Badan

Minum air putih terlalu banyak juga tidak disarankan bagi kesehatan. Terlalu banyak jumlah cairan dalam tubuh bisa memicu gangguan kesehatan seperti terjadinya pembengkakan dalam tubuh serta peredaran darah yang kurang baik. Oleh karena itu unsur cukup dalam minum air sangatlah penting karena semua yang berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *