Sayuran dan Buah Mengandung Antioksidan Terbaik

header niko 728 x 90

buah dan sayurSekarang ini sangat populer tentang suplement yang mengandung antioksidan dalam bentuk pil atau tablet. Tetapi taukah kita bahwa sayuran dan buah mengandung antioksidan terbaik yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, bukan dari suplement.
Antioksidan merupakan penangkal alami pada tubuh kita terhadap radikal bebas yang sekarang ini marak beredar. Fungsinya adalah menjaga tubuh kita agar tetap sehat meskipun terpapar oleh polutan atau radikal bebas.

Apabila kita menginginkan tubuh kita sehat maka konsumsimal buah dan sayuran yang secara alami mengandung antioksidan terbaik bagi tubuh kita. Tetapi banyak masyarakat kita yang memilih menggunakan suplement dari pada asupan alami dalam memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh.
Pada awalnya suplement di luncurkan oleh kelompok ilmuwan pada tahun 1981 untuk menangkal radikal bebas. Berdasarkan beberapa studi yang dilakukan ternyata orang yang sering konsumsi buah dan sayur akan lebih rendah untuk terkena penyakit kanker, jantung dan penyakit lainnya.
Pada tahun 1980-an para peneliti melakukan penelitian di Seattle yang melibatkan 18.000 orang pria dan wanita, yang secara random atau acak mereka diberi suplement yang berisi betakaroten yang tidak memiliki bahan aktif ( plasebo ).

Baca Juga  Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Jika Mempunyai Hewan Peliharaan

Menurut rencanya para ahli ini melakukan pengawasan selama 10 tahun dan memperkirakan mereka yang mendapat suplement betakaroten akan beresiko lebih rendah terkena penyakit kanker paru. Tetapi dalam kenyataanya penelitian ini dihentikan karena ternyata para kelompok audiens yang mendapatkan suplement betakaroten justru mengalami peningkatan angka penderita kanker paru. Hal ini juga terjadi pada penelitian yang dilakukan di Finlandia.
Para peneliti ini mengira jumlah kandungan betakaroten pada suplement yang tinggi akan lebih baik jika terkonsumsi oleh tubuh. Sedikit saja baik bagi tubuh apalagi dalam kandungan yang tinggi. Tetapi kenyatannnya mereka salah.
Melihat beberapa hasil penelitian tadi maka sebaiknya kita mengkonsumsi buah dan sayuran yang secara alami mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Apabila kita terpaksa meminum suplement, maka minumlah suplement atau multivitamin dalam dosis yang rendah.

Baca Juga  Bingung Memilih Jenis Kontrasepsi Yang Aman Bagi Ibu Menyusui ?

 

Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *