Sarapan Yang Salah Yang Memicu Kenaikan Berat Badan

header niko 728 x 90

sarapan yang tidak sehat

InspirasiBersama.com – Sarapan pada pagi hari menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun jika kita salah dalam pemilihan menu dan porsinya, maka bisa menyebabkan kenaikan pada berat badan. Tentu ini menjadi hal yang buruk bagi kesehatan kita.

Berikut beberapa kesalahan dalam sarapan pagi yang bisa memicu kenaikan berat badan :
1. Kesalahan: Banyak orang yang ingin langsing beranggapan bahwa dengan melewatkan sarapan akan membuat tubuhnya menjadi langsing. Padahal ini merupakan anggapan yang salah. Berdasarkan beberapa studi menyebutkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan pada pagi hari justru akan memicu seseorang untuk banyak makan pada siang hari dan lebih memilih makanan yang manis dan tidak sehat lainnya.

Perbaiki: Untuk menghindari yang demikian, maka sangat disarankan untuk tidak melewatkan sarapan pada pagi hari. Menu sarapan pagi juga harus kita perhatiakn agar bisa memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
2. Kesalahan: Banyak orang yang melakukan sarapan pagi dengan menu yang tinggi akan karbohidrat. Padahal semakin banyak karbohidrat yang kita asup, maka akan meningkatkan kenaikan kadar gula dalam darah kita.

Baca Juga  Ternyata Bersyukur dan Berdoa di Malam Hari Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

Perbaiki: Lakukan sarapan pagi dengan komposisi karbohidrat yang cukup dan jangan terlalu banyak. Anda harus menjaga keseimbangan kandungan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.
3. Kesalahan: Kebanyakan dari kita saat sarapan pagi melewatkan konsumsi sayuran dan buah. Biasanya kita lebih fokus pada menu karbohidrat dan proyein saja yang bisa menjadi kalori untuk mendukung aktivitas kita. Padahal makan buah dan sayur pada pagi hari akan sangat baik bagi kesehatan karena kandungan serat dan vitamin sehingga membuat kita kenyang lebih lama.

Baca Juga  Nyeri Lambung Bisa disebabkan Karena Stres

Perbaiki: Yang harus kita lakukan adalah usahakan saat sarapan pagi menyediakan menu sayur dan buah yang menjadi santapan rutin saat kita sarapan. Dengan kandungan vitamin, mineral dan serat pada buah membuat kita lebih sehat, bersemangat dan tidak mudah lapar.
4. Kesalahan: Kebanyakan dari kita sering mempunyai anggapan bahwa yang penting sarapan walau sedikit. Hal ini ada benarnya dibandingkan dengan tidak sarapan sama sekali. Namun yang baik adalah sarapan pagi yang cukup, jangan terlalu sedikit dan jangan apa adanya yang penting sarapan. Anda harus memperhatikan kandungan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Perbaiki: Lakukan sarapan pagi dengan porsi yang cukup dan jangan terlalu sedikit. Semakin sedikit makanan yang kita makan pada pagi hari, maka akan menimbulkan rasa lapar yang membuat kita berkeinginan untuk makan banyak pada siang dan sore hari. Selain itu mendorong kita untuk banyak ngemil makanan yang tergolong kurang sehat.

Baca Juga  Pengen Tahu Beda Antara Minuman Isotonik Dengan Minuman Berenergi ?

Itulah pola sarapan pagi yang salah yang bisa memicu kenaikan berat badan. Semoga setelah ini kita lebih memperhatikan menu sarapan pada pagi hari.

Artikel Terkait : Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Resiko Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *