Sarapan Pagi Bisa Mencegah Stres

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Stres adalah kondisi yang bisa membuat daya tahan tubuh kita menjadi turun. Hal ini tentu meningkatkan resiko terkena penyakit. Ternyata stres juga bisa disebabkan karena hal yang banyak dianggap sepela yaitu melewatkan sarapan pagi.

sumber gambar : Tribunnews.com

Disamping bisa memicu stres, tidak sarapan pada pagi hari juga memicu berbagai masalah kesehatan dan beresiko meningkatkan berat badan. Berdasarkan sebuah hasil penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang suka melewatkan sarapan di jam 07.00 pagi lebih beresiko mengalami stres dibandingkan dengan mereka yang sarapan.

Baca Juga  Tips Aman Menggunakan Gadget Agar Tidak Merusak Mata

 

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Saat seseorang melakukan sarapan pagi, maka efeknya juga berpengaruh pada hormon kortisol di dalam tubuh. Dengan melakukan sarapan pagi, maka menurut para pakar kesehatan akan membuat kadar hormon kortisol cenderung stabil. Efeknya adalah kita tidak mudah mengalami rasa cemas dan gelisah yang berujung pada stres.

Baca Juga  Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Ternyata Bisa Memicu Diabetes Tipe-2

 

Menurut para ahli kimia dunia menyebutkan bahwa pada sekitar jam 07.00 pagi, tubuh kita akan mengalami peningkatan kadar kortisol yang paling tinggi. Untuk membuat lebih stabil, maka sangat disarankan untuk melakukan sarapan. Dengan kadar hormon kortisol yang lebih stabil, maka emosi kita jauh lebih stabil sehingga tidak mudah cemas dan stres.

Baca Juga  Beberapa Gejala Kanker Paru Yang Perlu diwaspadai

Artikel Terkait : Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *