Salah Satu Manfaat Berolahraga Adalah Mampu Meredam Nafsu Makan Yang Berlebih

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil penelitian terbaru yang telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Medicine & Science inSport & Exercise mengatakan bahwa selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, melakukan olahraga juga mampu meredam nafsu makan yang berlebih.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya nafsu makan bagi mereka yang bekerja dengan mengandalkan pikiran. Orang yang bekerja mengandalkan pikiran ternyata pada kenyataannya lebih banyak membutuhkan asupan makanan dibandingkan dengan mereka yang bekerja secara fisik. Hal ini disebabkan karena Saat berpikir akan ada banyak energi yang terkuras sehingga otak mengirimkan sinyal lapar.

olahraga-menekan-nafsu-makan

sumber gambar : situsmedia.net

Kondisi orang yang lebih sedikit bergerak yang cenderung lebih banyak makan tentu berindikasi buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan resiko obesitas yang memicu banyak penyakit berbahaya. Untuk menghindari hal ini, maka melakukan olahraga menjadi solusi yang baik untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih.

Baca Juga  Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Pada Pagi Hari

Baca Juga : Olahraga Malam Hari Juga Bisa dilakukan Untuk Menekan Nafsu Makan Berlebih

 

Dalam penelitian tersebut para peneliti menggunakan media mahasiswa yang sedang mengerjakan sebuah ujian matematika selama 20 menit. Setelah selesai mengerjakan ujian matematika, para peneliti membagi kelompok mahasiswa tersebut menjadi dua kelompok.

 

Kelompok yang pertama adalah mereka yang setelah mengerjakan ujian matematika diminta untuk beristirahat selama 15 menit. Sedangkan pada kelompok yang kedua diberlakukan olahraga kecil seperti treadmill. Setelah 15 menit berlangsung para peneliti akan menyodorkan beberapa makanan kepada kedua kelompok mahasiswa tersebut.

Baca Juga  Mengapa Anak Saya Kesulitan Memahami Pelajaran ? Penting Mengenali Gaya Belajar Anak

 

Hasil yang mengejutkan adalah kelompok mahasiswa yang mendapatkan waktu istirahat selama 15 menit setelah berpikir untuk menyelesaikan ujian matematika ternyata lebih banyak mengkonsumsi jenis makanan yang diberikan peneliti. Sedangkan kelompok mahasiswa yang melakukan treadmill setelah melakukan ujian lebih sedikit mengkonsumsi makanan yang diberikan.

 

Dengan demikian menunjukkan kalau melakukan olahraga bisa mencegah terhadap nafsu makan yang berlebih. Justru mereka yang bekerja lebih mengandalkan pikiran akan cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak.

Baca Juga  Inilah Penyebab Banyak Kesurupan Melanda Kaum Wanita

Artikel Terkait : Dampak Sering Konsumsi Makanan Yang Berlemak Bisa Menyebabkan Ketagihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *