Salah Mengolah Kentang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

cara memasak kentang

InspirasiBersama.com – Tahukah Kita bahwa jika kita salah mengolah kentang bisa berbahaya bagi kesehatan. Berdasarkan keterangan dari FDA yang merupakan badan pengawas obat dan makanan di Amerika menyatakan bahwa apabila kentang kita goreng sampai kering atau garing, maka akan meningkatkan kandungan akrilamida. Akrilamida merupakan zat kimia yang bisa menyebabkan kanker pada hewan.

Menurut Lauren Robin yang merupakan salah satu ahli kimia FDA mengatakan akrilamida sering terdapat pada jenis makanan nabati seperti kentang, sereal dan buah-buahan yang melalui proses penggorengan dalam memasaknya. Akrilamida merupakan zat kimia yang bisa terbentuk dikarenakan adanya zat gula dan asam amino yang terdapat pada bahan makanan yang melalui proses penggorengan.

Baca Juga  Buah dan Sayuran Tertentu Bisa Juga Memicu Peningkatan Berat Badan

Menurut sebuah asosiasi yang berada di Amerika yang bernama Asosiasi Grocery Produsen mengatakan, memang sangat sulit sebagai konsumen menghindari bahan makanan yang tidak mengandung akrilamida. Hal ini dikarenakan zat akrilamida hampir 40 persen terdapat pada jenis makanan yang banyak mengandung kalori. Namun ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa mengurangi jenis makanan yang mengandung akrilamida yang memicu kanker.

Menurut American Cancer Society, tips pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan cara tidak menyimpan kentang dalam kulkas. Menurut American Cancer Society hal ini akan bisa meningkatkan jumlah zat akrilamida dalam kentang yang tersimpan dalam kulkas. Yang harus kita lakukan adalah menaruh kentang pada tempat yang kering atau gelap.

Baca Juga  Bahaya Sering Menggunakan Celana Ketat Bisa Mengurangi Kesuburan

Tips kedua yang bisa kita lakukan untuk menghindari kandungan zat berbahaya dalam memasak kentang adalah saat kita memasak kentang, maka usahakan jangan sampai warnanya berubah menjadi cokelat. Saat warna kentang berubah menjadi cokelat kekuningan maka segeralah untuk mengangkatnya. Daerah kentang yang berwarna cokelat saat proses memasak menjadi indikasi semakin banyaknya kandungan zat akrilamida dalam kentang.

Bukan hanya pada kentang saja, saat kita memanggang roti maka jangan sampai warna roti menjadi cokelat tua atau bahkan sampai pada kehitaman. Saat roti yang anda panggang berwarna cokelat muda, maka segeralah untuk mengangkatnya.

Baca Juga  Efek Buruk Kurang Mendapatkan Sinar Matahari Pagi Bisa Sebabkan Rambut Mudah Rapuh

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Bisa Memicu Diabetes Tipe-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *