Saat Pagi Hari Tubuh Kita Rentan Terkena Infeksi

header niko 728 x 90

rentan infeksi pada pagi hari

InspirasiBersama.com – Sebelumnya kita pernah mendengar bahwa ada anggapan kalau orang yang sakit bisa disebabkan karena suhu udara yang dingin. Ternyata dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa keparahan suatu infeksi pada tubuh seseorang sangat tergantung dari waktu kapan infeksi tersebut dimulai.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan pada tikus mengindikasikan bahwa pada saat pagi hari tubuh manusia rentan terkena infeksi. Dalam studi tersebut didapatkan bahwa tikus yang mengalami infeksi virus pada pagi hari ternyata lebih parah atau lebih kuat dibandingkan dengan tikus yang terinfeksi virus yang sama namun pada waktu yang berbeda.

Diketahui bahwa virus yang menyerang tikus pada pagi hari tersebut bisa melakukan memperbanyak diri dalam sel tubuh sehingga jumlahnya sangat cepat bertambah. Menurut hasil studi tersebut disebabkan karena ritme sirkadian tubuh.

Baca Juga  Gaya Hidup Yang Tidak Sehat Bisa Disebabkan Karena Kebiasaan Sering Begadang

Secara alamiah saat kita tidur dan bangun, maka ritme sirkadian tubuh akan mengalami penyesuaian yang sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Meskipun hasil studi tersebut masih sebatas pada tikus, namun kemungkinan besar hasilnya tidak akan jauh berbeda bagi manusia.

Pada saat kita tidur, maka tubuh kita akan secara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk bisa menangkal berbagai macam ancaman bakteri dan virus yang masuk pada saat kita bangun tidur.

Dalam studi tersebut para peneliti mengambil sampel tikus yang diberikan paparan virus herpes pada pagi hari. Para peneliti akan mencoba mengamati seberapa kuat dan banyak virus tersebut menyerang tikus yang diberikan pada pagi hari. Hasilnya adalah para tikus tersebut didapati kandungan virus yang lebih besar hampir 10 kali lipat.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Mengalami Autisme ?

Hal yang berbeda dengan sekelompok tikus yang lain yang diberikan paparan virus yang sama namun pada jam 10 siang. Hasilnya jumlah virus yang terinfeksi lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang diberikan paparan virus pada pagi hari.

Dari hasil studi tersebut dapat memberikan gambaran kepada kita bahwa seseorang yang mengalami infeksi bakteri atau virus pada pagi hari efeknya bisa lebih parah dibandingkan dengan terinfeksi oleh bakteri atau virus yang sama namun pada siang atau sore hari. Oleh karena itu sangat penting menjaga jam tidur yang cukup agar memberikan kesempatan yang cukup kepada tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dilakukan saat kita tidur.

Baca Juga  Ibu Bijak Harus Tahu Bagian-bagian Kulkas dan Fungsinya

Artikel Terkait : Benarkah Hepatitis Menjadi Virus Yang Paling Mematikan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *