Saat Minum Obat Sebaiknya Menggunakan Air Dingin atau Hangat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita sedang sakit, akan ada banyak jenis obat yang diberikan dokter untuk kita minum. Bagi kebanyakan orang, mengkonsumsi obat dengan menggunakan air. Yang menjadi pertanyaan adalah sebaiknya dengan air dingin atau hangat ?

sumber gambar : http://pesantrenonline.or.id

Bukan hanya itu saja, ada sebagian orang yang lebih memilih menggunakan air teh atau selain air putih untuk minum obat. Ternyata menurut para pakar kesehatan lebih menyarankan untuk memilih air putih karena bersifat netral sehingga tidak mempengaruhi kinerja obat yang dikonsumsi. Antara air dingin dan hangat, ternyata para pakar kesehatan lebih menyarankan untuk memilih air hangat. Air hangat dinilai bisa membuat proses penyerapan obat oleh tubuh berjalan lebih cepat.

Baca Juga  Mengapa Wanita Lebih Gampang Stres Setelah Kehilangan Pasangan ?

Meskipun demikian ternyata tak semua obat disarankan untuk menggunakan air hangat, berikut penjelasan lebih detail :

Minum pil atau tablet
Tips mengkonsumsi obat jenis pil atau tablet, maka sebaiknya kita mengkonsumsi air terlebih dahulu secukupnya. Hal ini guna membasahi tenggorokan agar pil atau tablet lebih mudh masuk ke tenggorokan atau mudah untuk ditelan.

Baca Juga  Paranan Sistem Kekebalan Tubuh Dalam Melawan Kanker

Minum kapsul
Untuk jenis obat yang satu ini, ternyata menurut para pakar kesehatan tidak menyarankan untuk menggunakan air panas. Jika anda mengkonsumsinya dengan air panas, maka akan membuat kapsul meleleh saat berada di mulut. Lebih disarankan untuk menggunakan air biasa saja.

Minum obat parasetamol
Jika anda mengalami badan panas pastinya akan mencari obat paracetamol. Saat mengkonsumsi obat ini, maka lebih disarankan dengan menggunakan air hangat agar lebih mudah larut dan terserap oleh tubuh.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Serat ?

Baca Juga : Jika Badan Panas Jangan Terburu-buru Minum Obat Penurun Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *