Remaja Yang Sering Mendapatkan Ejekan Gemuk Akan Merusak Kesehatan Mental

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kali kita melihat atau mengalami sendiri dahulu saat kita masih remaja sering mendapatkan ejekan dari teman karena masalah berat badan. Seorang anak remaja yang sering mendapatkan ejekan gemuk akan berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya.

 

Terlebih bagi seorang remaja yang identik masih dalam tahap sekolah. Dalam sebuah hasil studi di AS menunjukkan kalau ejekan seperti ini bisa mempengaruhi mental dan mempengaruhi kelulusan remaja. Ini menunjukkan kalau hal ini sangat penting.

ejekan-gemuk-pada-anak-remaja

sumber gambar : sharingdisana.com

Yang sering kali terjadi adalah pada remaja usia sekolah menengah pertama atau SMP. Pada masa itu seorang remaja mengalami banyak ketidakpuasan dengan bentuk tubuh mereka. Terlebih lagi jika ternyata memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas.

Baca Juga  Makanan Apa Saja Yang Kaya Akan Kandungan Antioksidan ?

Baca Juga : Remaja Yang Obesitas Meningkatkan Resiko Penyakit Liver

 

Mereka yang pada masa itu sering kali mendapatkan ejekan berat badan dari teman sekolahnya, maka akan meningkatkan resiko gangguan pada mental. Bukan hanya berdampak pada kesehatan mentalnya saja, ejekan ini bisa mempengaruhi kelulusan seorang remaja.

 

Untuk membuktikan dampak buruk ejekan atau ‘bullying’ pada anak remaja para peneliti yang berasal dari AS melakukan sebuah studi yang melibatkan 5.000 anak yang masih duduk dalam kelas 6, 7 dan 8. Penelitian ini telah dilakukan di 26 sekolah yang berada di California AS. Para peneliti telah melakukan pengkajian tentang indeks massa tubuh (BMI), tinggi badan, berat badan terhadap para remaja.

Baca Juga  Mengapa Selebriti Hollywood Terlihat Langsing dan Sehat ? Ini Rahasianya

 

Disamping itu para remaja tadi juga diberikan sebuah pertanyaan yang harus mereka jawab tentang kesehatan emosional terutama tentang ketidakpuasan para remaja tentang bentuk tubuh yang dialami.

 

Bukan hanya itu saja para peneliti juga mengkaji pengalaman para peserta studi tentang hal-hal yang berbau bullying, perkataan tidak sopan dari teman, ejekan, ancaman dan dikucilkan yang disebabkan karena berat badan yang berlebih.

 

Dari hasil studi tersebut didapatkan hasil bahwa seorang anak remaja yang kerap mendapatkan perlakukan yang kurang enak, bullying, ejekan tentang kaitannya dengan berat badan lebih beresiko untuk mengalami kecemasan sosial, merasa kesepian saat sekolah dan merasa tidak puas dengan kondisi bentuk tubuhnya.

Baca Juga  Khasiat Luar Biasa Dari Buah Nangka

 

Dengan demikian kondisi remaja yang seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya. Padahal pada usia remaja seorang anak sangat membutuhkan sebuah dukungan yang kuat untuk bisa tumbuh menjadi pribadi yang kuat baik fisik maupun mental.

Artikel Terkait : 8 Indikasi Seorang Remaja Mengalami Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *