Rambut Menjadi Gambaran Kesehatan Seseorang

header niko 728 x 90

kesehatan rambut

Kali ini inspirasibersama.com akan mengulas tentang rambut menjadi gambaran kesehatan seseorang.Banyak kelainan yang biasa timbul papa rambut kita. Mulai dari rontok secara berlebihan, tumbuh tidak pada mestinya dll. Ini bisa jadi pertanda berbagai macam penyakit yang terdeteksi oleh tubuh kita. Untuk itu kita tidak boleh menyepelehkan keadaan seperti ini. Berikut beberapa penyakit yang bisa terdeteksi dari tambut kita :

  1. Warisan genetik

Jumlah dan struktur rambut bisa juga dikarenakan faktor genetik. Untuk etnis tertentu biasanya akan berbeda model rambutnya. Ada yang rambut lurus, ada juga yang kriting, kasar dll.

Jadi karena faktor genetik rambut seseorang akan berbeda dengan lainnya. Rambut orang Asia akan berbeda dengan rambut orang timur tengah. Ini adalah faktor alami atau genetika.

Baca Juga  Warna Kuning Terbukti Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

 

  1. Anda mungkin memiliki masalah autoimun

Jika anda mengalami rontok rambut pada bagian tertentu dari kepala maka bisa jadi anda terkena penyakit autoimun. Ada yang kehilangan rambut pada bagian kepala dalam bentuk melingkar ( alopecia totalis ), atau kehilangan pada semua area kepala sampai pada alis dan bulu mata disebut universalis alopecia. Jika demikian yang anda alami maka therapi streroid yang dianjurkan. Dengan therapi ini diharapkan rambut akan tumbuh kembali walaupun tidak bisa seperti semula.

  1. Hormon tidak seimbang

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh kita juga bisa mengakitbatkan pertumbuhan rambut menjadi tidak normal. Seperti pada seorang pria yang apabila hormon testosteron mengalami pelonjakan, maka biasanya akan muncul tumbuhnya rambut yang berlebih pada seorang laki-laki. Bisa terjadi pada dada, perut dan dagu seseorang.

Baca Juga  Keseringan Bermain Ponsel Menyebabkan Kekuatan Fisik Pria Menurun

Pada kasus kebotakan pada seorang pria, juga disebabkan oleh ketidakseimbangnya hormon dalam tubuh. Ini dikarenakan menurunnya kadar hormon testosteron.

 

  1. Ovarium Anda mungkin perlu diperiksa

Apabila kita mengalami pertumbuhan atau kerontokan yang tidak normal disertai dengan tidak teraturnya siklus haid maka bisa diakibatkan masalah yang sistemik atau luas dalam tubuh kita. Faktor obesitas juga memiliki peranan yang signifikan.

  1. Anda mungkin memiliki tumor
Baca Juga  Hindari Sifat Mudah Marah Jika Tidak Ingin Mati Usia Muda

Jika anda mengalami pertumbuhan rambut atau kehilangan rambut dalam waktu yang singkat selama enam bulan terakhir, bisa juga anda terkena tumor. Biasanya tumor ini muncul pada area kelenjar adrenal atau overium. Anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri kepada dokter terdekat tentang kondisi anda saat ini.

 
Artikel Terkait : Hubungan Poni dan Timbulnya Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *