Ramadhan Adalah Waktu yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Banyak orang yang mengatakan bahwa berhenti dari kebiasaan merokok bukanlah perkara yang mudah, hal ini memang benar. Meskipun demikian bukan berarti mustahil bisa dilakukan. Dengan tekad yang kuat seperti saat menjalankan puasa Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk berhenti merokok.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa penyebab terbesar banyaknya orang yang sulit berhenti merokok adalah karena inisiasi atau waktu yang tepat untuk mengawali berhenti merokok.

sumber gambar : Industry.co.id

Dalam sebuah hasil penelitian ditemukan bahwa motivasi juga menjadi peranan yang sangat penting dalam keberhasilan menghentikan kebiasaan merokok. Nah bulan Ramadhan inilah menjadi momentum yang tepat dan motivasi yang tinggi bagi anda yang ingin berhenti dari kebiasaan merokok.

Baca Juga  Antara Tahu dan Tempe, Mana Yang Lebih Baik Menurut Kesehatan ?

Baca Juga : Lakukan Tips Ini Jika Kesulitan Berhenti Merokok

Menurut para pakar kesehatan juga mengatakan bahwa berhenti dari kebiasaan merokok juga memerlukan sebuah proses yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena saat orang merokok, maka terjadi pelepasan hormon dopamin atau serotonin yang membuatnya merasa nyaman. Jika hal ini diputus dengan cara tiba-tiba, maka akan memberatkan bagi perokok itu sendiri.

Pada saat seseorang melakukan puasa selama 12 sampai 14 jam, maka jumlah nikotin dalam tubuh akan mengalami penurunan. Dalam teorinya menyebutkan bahwa nikotin dalam tubuh manusia mampu bertahan selama 8 jam. Biasanya para perokok akan mengalami jumlah kadar nikotin tertinggi pada jam 10 malam. Sedangkan pada pagi harinya, kadar nikotin tersebut akan berada pada titik terendah. Oleh sebab itu tak heran jika para perokok akan terdorong untuk menghisap rokok saat dia bangun tidur.

Baca Juga  Mencegah Rambut Agar Tidak Cepat Beruban Dengan Bahan Alami

Namun pada saat bulan Ramadhan, maka para perokok biasanya juga akan merokok saat sahur. Hal ini membuat kadar nikotin saat mereka bangun tidur tidak terlalu rendah sehingga mereka mampu menahan sampai siang hari.

Ternyata orang yang sedang belajar putus dari kebiasaan merokok akan mengalami fase yang dinamakan withdrawal atau putus nikotin. Pada kondisi ini mereka kerap mengalami rasa mual dan ingin sekali merokok. Namun jika hal ini terjadi pada bulan Ramadhan yang mengharuskan mereka berpuasa, maka ini menjadi momen yang tepat untuk bertahan melewati fase ini.

Baca Juga  Banyak Orang Yang Tidak Menduga Dirinya Mengalami 5 Gejala Awal Diabetes

Artikel Terkait : Penyebab Banyak Perokok Yang Mengabaikan Bahaya Rokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *