Rajin Berolahraga Membuat Wanita Lebih Terhindar Dari Penyakit Jantung

header niko 728 x 90

rajin olahraga bagi wanita

InspirasiBersama.com – Bagi anda seorang wanita yang ingin menurunkan resiko terkena penyakit jantung, maka sangat disarankan untuk rajin berolahraga. Hal ini berdasarkan sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Circulatin yang mengatakan bahwa aktif bergerak atau olahraga mempunyai manfaat yang besar bagi seorang wanita terlebih bagi usia muda.

Lantas bagaimana jika kita sudah berusia lebih dari 40 tahun ?. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di AS menyarankan kepada seorang wanita yang berusia lebih dari 40 tahun untuk melakukan olahraga setidaknya 2,5 jam dalam setiap minggu. Hal ini terbukti bisa mengurangi resiko terhadap penyakit jantung.

Baca Juga  Mudah Marah Dapat Memicu Hipertensi

Dalam hal ini tidak ada jenis olahraga tertentu yang disarankan. Anda boleh melakukan olahraga jenis apapun yang penting aktif bergerak yang rutin dilakukan dalam setiap minggunya. Anda bisa berjalan santai, bersepeda, berenang, yoga, senam, lari , dll.

Disamping bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung, aktif bergerak atau olahraga secara rutin bisa menurunkan berat badan sehingga kita mendapatkan berat badan yang lebih ideal sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Semakin sering kita melakukan olahraga, maka akan semakin bagus efeknya terhadap tubuh kita. Untuk jenis olahraga yang tergolong dalam intensitas sedang seperti berjalan cepat terbukti lebih bagus menurunkan resiko penyakit jantung dibandingkan dengan olahraga dengan intensitas yang rendah.

Baca Juga  Penyebab Sering Sakit Anak Cici Panda Terungkap

Bahkan dalam sebuah data dilaporkan bahwa seorang wanita yang berhasil menghabiskan 2,5 jam melakukan olahraga atau aktif bergerak dalam seminggu, maka bisa menurunkan resiko jantung koroner sampai 25%.

Terlebih bagi anda yang tergolong seorang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Maka melakukan olahraga secara rutin menjadi hal yang wajib dilakukan jika ingin memiliki tubuh yang sehat terbebas dari resiko penyakit jantung.

Baca Juga  Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

Bahkan dalam beberapa studi juga menyebutkan bahwa banyak olahraga juga bisa menurunkan berbagai macam penyakit selain jantung, diantaranya stroke, diabetes, kanker, dan demensia atau pikun.

Artikel Terkait : Obesitas Bisa Memperpendek Usia Kita Hingga Tiga tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *