Punya Hobi Makan Pedas Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengkonsumsi makanan pedas bagi kebanyakan orang memang terasa lebih nikmat. Bahkan rasa pedas tak jarang membuat kita ketagihan dan nafsu makan menjadi meningkat. Bagaimana jika ternyata kita sangat hobi mengkonsumsi makanan pedas ? Apakah berbahaya bagi kesehatan ?.

sumber gambar : https://www.daunapi.com

Mengkonsumsi makanan pedas berdasarkan hasil penelitian memang memberikan manfaat bagi kesehatan. Sensasi pedas pada cabai yang dikenal dengan senyawa capsaicin terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh 5 persen lebih tinggi. Kondisi ini tentu akan sangat baik untuk proses pembakaran kalori dari dalam tubuh kita.

Tak hanya itu saja, konsumsi makanan yang pedas ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin akan membuat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh menurun dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu cabai juga mengandung vitamin A dan juga C yang sangat baik menjaga kekuatan otot jantung sehingga bisa mencegah terjadinya pembekuan darah. Sensasi pedas yang terasa di mulut saat kita konsumsi makanan pedas juga akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh kita lebih lancar.

Baca Juga  Adakah Efek Samping Memutar Tubuh Sampai Mengeluarkan Bunyi ?

Dalam sebuah hasil studi yang lain juga menyebutkan manfaat suka mengkonsumsi makanan yang pedas. Disebutkan bahwa rutin mengkonsumsi makanan yang pedas setiap hari ternyata bisa menurunkan resiko kematian sebesar 14 persen. Sedangkan bagi mereka yang hanya mengkonsumsi makanan pedas seminggu dua kali, maka bisa menurunkan resiko kematian sebesar 10 persen.

Baca Juga  Penyebab Seorang Anak Merokok di Usia Dini

Meskipun demikian bukan berarti kita bebas mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas atau terlalu pedas juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi pada bibir dan lambung.

Bagi anda yang sangat gemar mengkonsumsi makanan pedas ada tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi rasa pedas di mulut. Anda bisa menyiapkan segelas susu disamping meja makan saat mengkonsumsi makanan yang pedas. Dengan minum susu, maka akan bisa membantu menetralkan rasa pedas yang ada di mulut.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Artikel Terkait : Kolesterol Yang Tinggi Bukan Hanya Disebabkan Karena Faktor Makanan Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *