Punya Badan Gemuk Bisakah Tetap Sehat ?

header niko 728 x 90

bisakah gemuk tetap sehat

InspirasiBersama.com – Mempunyai badan yang gemuk memang membuat banyak orang merasa terganggu. Mereka menjadi kurang percaya diri dan tidak bisa melakukan aktifitas fisik yang berat. Bukan hanya itu saja, banyak sekali studi yang menyebutkan bahwa kegemukan sangat erat kaitannya dengan banyak penyakit kardiovaskuler. Lantas muncul pertanyaan bisakah orang gemuk tetap bisa hidup dengan sehat ?

Banyak diantara kita melihat orang yang gemuk namun terlihat seperti sehat. Namun tahukah kita bahwa meskipun mereka terlihat sehat, tidak mempunyai tekanan darah tinggi, tidak mempunyai penyakit diabetes dan kadar kolesterol yang tinggi, mereka akan tetap mempunyai resiko yang tinggi terhadap penyakit kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah.

Banyak orang yang tidak sadar terutama mereka yang memiliki berat badan berlebih kalau kondisi tubuhnya secara perlahan akan membuat banyak kerusakan pada organ jantung terutama pada otot jantung.

Baca Juga  Bisakah Orang Gemuk Menjadi Sehat ?

Pada akhirnya mereka yang mempunyai berat badan berlebih akan secara perlahan membuat resiko tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini akan terjadi secara alami. Dengan memiliki tekanan darah yang tinggi, maka akan meningkatkan resiko terhadap penyakit jantung.

Tidak berhenti sampai disitu saja, menurut seorang pakar jantung yang bernama Chiadi Ndumele, Md, M.H.S mengatakan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih akan menyebabkan cidera pada hati atau liver meskipun orang tersebut tidak memiliki tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi.

Saat ini sering kali kita mendengar atau melihat sendiri seseorang yang terdiagnosa penyakit jantung atau lebih khususnya gagal jantung. Hal ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan yang memicu berat badan menjadi berlebih.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

Baca Juga : Alasan Obesitas Bisa Menurunkan Libido

Yang membuat kita prihatin adalah menurut para ahli memprediksi bahwa pada tahun 2030 mendatang akan banyak sekali kita menjumpai orang yang obesitas. Bahkan perbandingannya diprediksi satu banding lima orang dewasa. Tentu hal ini menjadi indikasi yang buruk bagi kesehatan terutama jantung.

Saat seseorang mengalami berat badan yang berlebih, maka akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Dengan begitu maka meningkatkan resiko mengalami gagal jantung.

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya masalah pada jantung, maka para ahli sangat merekomendasikan untuk menurunkan berat badan. Dengan penurunan berat badan maka akan mengurangi resiko munculnya gangguan pada jantung.

Dalam melakukan program penurunan berat badan anda tidak bisa hanya mengandalkan olahraga saja. Namun harus bisa mengkombinasikan antara pola makan yang sehat dan aktivitas fisik yang teratur. Kurangi banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula serta perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Baca Juga  Kisah Wanita Yang IQ nya Meningkat Tajam Setelah Rutin Minum Sperma

Untuk olahraga anda disarankan untuk melakukannya setiap hari setidaknya selama 30 menit. Kalau anda tergolong orang yang sangat sibuk, maka setidaknya melakukan olahraga seminggu tiga kali. Tidak ada batasan jenis olahraga yang anda lakukan. Yang terpenting adalah dilakukan secara rutin.

Artikel Terkait : Obesitas Bisa Memperpendek Usia Kita Hingga 3 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *