Protein Mempunyai Peranan Yang Sangat Penting Saat Awal Kehidupan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa protein mempunyai peranan yang sangat penting saat awal kehidupan seseorang. Bahkan para pakar mengatakan 1000 hari pertama kehidupan seorang anak adalah masa yang paling penting yang sangat menentukan derajat kesehatan di masa depan. Oleh karena itu memberikan asupan gizi yang seimbang pada anak sejak lahir sangatlah penting.

 

Bahkan menurut salah seorang pakar yang bernama Prof. Yvan Vandenplas yang berasal dari Belgia mengatakan bahwa untuk menentukan pertumbuhan, sistem kekebalan, dan kemampuan kognitif otak sangat dipengaruhi oleh 1.000 hari pertama sejak kelahiran atau awal kehidupan.

pentingnya-protein-bagi-awal-kehidupan

sumber gambar : www.rahasiasehat.net

Dalam sebuah data disebutkan bahwa faktor nutrisi sangat menentukan status kesehatan seseorang yang mempunyai peranan sampai 90 %. Hal ini berbeda dengan keturunan yang hanya mempengaruhi kesehatan seseorang sebanyak 5-10 % saja.

Baca Juga  Efek Campuran Krimer Instan Bisa Mengurangi Manfaat Sehat Kopi

 

Dari berbagai macam jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak sejak lahir, maka protein menjadi yang paling utama. Dengan adanya protein maka tubuh manusia bisa berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena protein banyak mengandung asam amino.

 

Lantas jenis protein apa yang sangat baik dan mudah untuk dicerna oleh tubuh ? Jawabnya adalah protein whey. Protein jenis ini banyak mengandung asam amino esensial dan mudah untuk dicerna olah tubuh manusia.

 

Bukan hanya itu saja, peranan protein pada anak sangat penting untuk perkembangan tulang sehingga kuat menopang tubuh. disamping itu protein juga memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menangkal berbagai resiko penyakit pada masa yang akan datang.

Baca Juga  Dampak Negatif Merokok Bagi Wanita Bisa Menurunkan Kecantikan

 

Oleh karena itu, bagi anda yang saat ini sedang hamil atau baru saja melahirkan bayi, maka sebaiknya memberikan ASI setidaknya selama 2 tahun. hal ini disebabkan karena dalam ASI ibu terdapat nutrisi yang paling baik bagi seorang bayi untuk menunjang tumbuh kembang dan kognitifnya. Dengan memberikan ASI secara eksklusif, maka anda jangan takut lagi bayi menjadi kurang asupan nutrisi. Tinggal ibu yang harus mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi sehingga kandungan ASInya juga semakin baik dan berkualitas.

Baca Juga : Apa Saja Kandungan dan Manfaat Luar Biasa ASI 

 

Baca Juga  Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

Selain itu ASI juga kaya akan kandungan protein yang merupakan unsur yang paling penting bagi seorang bayi. Dengan pemberian ASI maka bayi akan berkembang dengan baik, mempunyai kemampuan kognitif yang baik serta mempunyai daya tahan tubuh yang baik pula sehingga tidak mudah sakit.

Artikel Terkait : Manfaat Asam Folat Bisa Mencegah Bayi Lahir Cacat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *