Pria dan Wanita Memiliki Perbedaan Dalam Menyimpan Lemak

header niko 728 x 90

pria dan wanita

InspirasiBersama.com – Secara umum pria dan wanita memiliki banyak perbedaan. Ada banyak segi perbedaan antara seorang pria dan wanita mulai dari fisik, emosi, cara berfikir, dan sistem metabolisme tubuh. Dari segi kesehatan wanita dan pria memiliki perbedaan dalam sistem metabolisme tubuh, sehingga mempunyai perbedaan dalam menyuimpan lemak dalam tubuh.

Kita tahu bahwa sistem metabolisme memegang peranan yang sangat penting dalam penyerapan nutrisi pada makanan, menjaga berat badan, sampai pada penyimpanan lemak yang dihasilkan. Sistem metabolisme yang mengalami gangguan akan beresiko terjadinya obesitas serta penyakit jantung. Menurut seorang pakar diabetes dan obesitas yang bernama Deborah Clegg mengatakan, dalam sebuah penelitian tubuh seorang pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menyimpan lemak.

Baca Juga  Cara Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dengan Minuman Alami

Penelitian itu dilakukan terhadap tikus jantan dan betina yang mempunyai kemiripan organ tubuh dengan manusia. Para peneliti memberikan makan kaya akan karbohidrat, gula dan lemak setiap harinya kepada tikus jantan dan betina. Yang menakjubkan dari hasil penelitian ini menyebutkan bahwa ternyata tikus jantan yang banyak yang mengalami diabetes, pembesaran pada  hati dan masalah pada jantung. Berbeda dengan tikus betina, mereka tidak menunjukkan tanda dan gejala mengalami sebuah penyakit.

Baca Juga  Rokok Elektrik Tetap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Hal ini menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki jaringan lemak yang lebih bagus untuk beradaptasi terhadap tingginya lemak yang masuk ke tubuh. Bahkan para ahli mengatakan ibarat stocking yang bisa membesar dan mengecil. Saat seorang wanita mengalami peningkatan lemak dalam tubuhnya, maka kebanyakan akan disimpan pada area paha dan pinggul.

 

Berbeda dengan seorang pria, saat terjadi penumpukan lemak yang berlebih maka akan disimpan pada perut, sehingga terlihat buncit. Semakin tinggi kandungan lemak maka akan semakin terlihat buncit perut seorang pria. Selain itu penumpukan lemak pada perut pria juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Penumpukan lemak berlebih pada pria juga memicu obesitas yang menjadi pemicu banyak penyakit berbahaya.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?

 

Artikel Terkait : Hati-hati Dengan Perut Buncit Karena Bisa Memicu Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *