Pola Makan Yang Membuat Anak Kita Sehat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap orang tua tentu ingin mempunyai anak yang sehat dan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan pola makan anak agar mendapatkan gizi yang seimbang.

sumber gambar : http://tipsdiet.org/

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, maka ada suatu pola makan yang perlu diketahui oleh para orang tua. Menurut para pakar nutrisi, nutrisi pertama yang harus tercukupi adalah karbohidrat. Terdapat dua jenis karbohidrat yang tergolong sehat yaitu berpati dan tidak berpati.

Beberapa contoh makanan yang tergolong jenis karbohidrat berpati adalah jagung, sagu, umbi dan beras. Sedangkan untuk contoh karbohidrat yang tidak berpati adalah buah dan sayuran. Makanan yang mengandung karbohidrat dan masuk dalam tubuh manusia, maka akan diubah menjadi gula.

Yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah jenis karbohidrat yang tidak sehat atau tidak alami yang biasanya sintetis atau buatan sebuah pabrik.

Baca Juga  Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan

 

Menurut para pakar kesehatan juga mengatakan bahwa untuk mengenali jenis karbohidrat yang bagus bagi kesehatan, maka salah satu cirinya adalah berwarna. Warna pada karbohidrat berarti menandakan adanya kandungan antioksidan, vitamin dan mineral.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Pola makan selanjutnya yang membuat anak sehat adalah harus memperhatikan kandungan protein. Protein mempunyai peranan yang sangat banyak dalam tumbuh kembang anak. Ada banyak jenis makanan yang kaya kandungan protein seperti ikan, ayam, telur, tahu, daging merah, tempe, kacang-kacangan dan oncom.

Saat kita mengkonsumsi protein, maka akan diproses oleh tubuh menjadi asam amino yang sangat berperan dalam pembentukan sel dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Dengan demikian mampu mengembalikan fungsi tubuh yang menurun.

Baca Juga  Mengapa Saat Haid Terasa Nyeri Walau Hanya Sekedar Duduk ?

Yang perlu diperhatikan juga adalah cara pemberian protein yang sehat. Jangan sampai hanya kita goreng saja dengan menggunakan minyak yang bisa mengandung banyak kolesterol, tetapi variasi dengan merebus atau dibuat menjadi sup.

Jenis nutrisi yang ketiga yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah lemak sehat. Apa manfaat lemak dalam tubuh ? Fungsinya adalah melarutkan beberapa jenis vitamin seperti A, E, D dan K.

 

Untuk mendapatkan asupan lemak yang sehat, maka anda bisa memberikan anak buah alpukat, kacang-kacangan, dan beberapa jenis ikan laut yang juga kaya kandungan lemak sehat dan omega 3.

Pola makan yang terakhir yang sangat bagus bagi kesehatan anak adalah tercukupi air. Air juga memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak orang tua yang belum tahu berapa kebutuhan air minum seorang anak berdasarkan usia. Untuk anak usia 4 sampai 8 tahun, maka membutuhkan asupan air putih sebanyak 5 gelas dalam sehari. Sedangkan untuk anak yang sudah berumur 9 sampai 13 tahun, maka membutuhkan air sebanyak 7 gelas dalam sehari.

Baca Juga  Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

Artikel Terkait : Beberapa Tanda Kalau Anak Bergizi Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *