Pola Makan Anak Akan Meniru Orang Tuanya

header niko 728 x 90

pola makan anak

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa pola makan seorang anak ternyata meniru kebiasaan orang tua mereka. Tidak jarang kita menjumpai seorang anak yang tidak mau makan sayur, malas makan nasi dan hanya suka makan roti atau snack. Jika anda mempunyai anak yang demikian, maka bisa jadi kebiasaan anak meniru pola makan yang kita lakukan.

Menurut para pakar mengatakan bahwa seorang anak merupakan peniru yang ulung. Seorang anak akan cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka sebelum meniru lingkungannya. Dalam urusan makan saja seorang anak akan meniru kebiasaan orang tuanya.

Baca Juga  Inilah Cara Belajar Anak Yang Mempunyai Gaya Kinestetik

Banyak sekali orang tua yang tidak tahu bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau makan nasi atau sayur. Mereka cenderung lebih memilih membiarkan apa saja yang disukai anak daripada anak mereka nangis. Dengan membiarkan pola makan anak yang seperti itu, maka akan membuat asupan gizi anak menjadi buruk dan mengganggu pertumbuhannya.

Bukan hanya itu saja, seorang anak yang dibiarkan hanya makan sesuatu yang disukai saja akan meningkatkan resiko obesitas. Terlebih lagi bahwa anak sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget, komputer dan nonton televisi.

Baca Juga  Ternyata Biji Pepaya Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan

Baca Juga : Bahaya Jika Anak dibiarkan Mengalami Obesitas

Menyikapi hal yang demikian, sebaiknya para orang tua membiasakan anaknya untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi sedini mungkin. Didik anak untuk makan secara tepat waktu dan dengan menu sayur sejak kecil. Yang tidak kalah pentingnya adalah orang tua memberikan contoh yang sama yaitu orang tua harus suka makan sayuran.

Jika orang tua mendidik nak suka makan nasi, sayuran dan buah sejak kecil. Maka anak akan tumbuh dengan baik yang menyukai makan sayur dan buah. Dengan begitu kebutuhan nutrisi anak akan sangat bagus sehingga anak akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

Baca Juga  Inilah Penyebab Tubuh Mengeluarkan Gas Yang Tidak Sedap

Artikel Terkait : Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *