Pola Belajar Yang Membuat Anak Malah Bodoh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mempunyai anak yang pandai dan berprestasi di sekolah menjadi impian setiap orang tua. Meskipun demikian, banyak orang tua kurang tahu bagaimana model belajar yang membuat anak kita menjadi pandai.

Sering kali kita melihat orang tua yang saking kepinginnya anaknya pandai, maka mereka memilih sekolah yang terbaik, pulang sekolah diikutkan les dan beberapa jenis ekstrakurikuler yang menunjang prestasi anak di sekolah.

pola belajar anak yang justru membuat bodoh

Mungkin sebagian besar kita tidak percaya bahwa berdasarkan sebuah hasil penelitian terbaru yang dilakukan para pakar yang berasal dari Harvard University menyebutkan bahwa ada dua model belajar  yang justru akan membuat anak kita bodoh, diantaranya :

Baca Juga  Harus Berapa Kali Mencuci Beras Agar Vitaminnya Tidak Hilang ?

Belajar lebih dari 30 menit
Hal pertama menurut hasil penelitian yang membuat anak kita bodoh adalah belajar di rumah yang dilakukan selama lebih dari 30 menit.

Selain itu sangat penting pula untuk membiasan anak disiplin waktu belajar. Kalau biasanya belajar setelah sholat magrib, maka usahakan selalu pada jam tersebut untuk memulai belajar.

Dengan membiasakan disiplin waktu belajar, maka akan membuat otak terbiasa untuk berpikir pada jam-jam tersebut. Selanjutnya yang juga penting adalah memberikan pelajaran hanya satu informasi saja jangan menumpuk banyak informasi dalam satu waktu.

Baca Juga  Kulit Yang Iritasi Bisa disebabkan Kerena Terlalu Sering Mencuci Muka

Selama ini anggapan kita tentang durasi belajar anak banyak yang salah. Pasti kita beranggapan harus lebih lama biar cepat memahami pelajaran.

Baca Juga : Dampak Buruk Sering Memaksa Anak Belajar Tak Sesuai Gayanya

Belajar hingga tengah malam
Kebiasaan belajar yang kedua yang justru membuat anak kita bodoh adalah belajar sampai larut malam. Biasanya hal ini sering dilakukan saat menjelang ujian semester.

Baca Juga  Pekerjaan Dengan Tekanan Tinggi Bisa Membunuh Secara Perlahan

Durasi belajar anak yang terlalu lama hingga larut malam justru membuat anak kita lelah dan performa otak jauh menurun. Akibatnya pelajaran akan sulit dikuasai dan membuat besok setelah bangun tidur terasa lelah karena kurang waktu tidur.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Mengetahui Gaya Belajar Seorang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *