Pola Asuh Kepada Anak Tidak Harus Berujung Pada Kebahagiaan

header niko 728 x 90

pola asuh kepada anak

InspirasiBersama.com – Kebanyakan atau hampir semua orang tua tentunya menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang bahagia. Kita tahu bahwa ada banyak sekali model pengasuhan anak yang ujungnya membuat anak kita menjadi anak yang bahagia. Padahal pola asuh kepada anak tidak harus berujung pada kebahagiaan.

Sering kali kita melihat banyak orang tua yang tidak membiarkan anaknya dalam keadaan sedih. Mereka selalu menginginkan anaknya selalu tersenyum bahagia. Padahal target pengasuhan yang demikian itu kurang baik bagi anak.

Seorang anak yang tak terbiasa dengan berbagai macam emosi, maka akan membuat seorang anak menjadi manja. Padahal setiap orang tua tentunya tidak menginginkan anaknya menjadi pribadi yang manja. Namun kebanyakan dari mereka tidak sadar kalau pola asuh yang diberikan secara tidak langsung mendidik anak kita menjadi pribadi yang manja dan tidak tangguh.

Baca Juga  Bagaimana Sikap Orang Tua Yang Mendapati Anaknya Pacaran ?

Ini artinya pola asuh yang kita berikan kepada anak tidak harus berujung pada kebahagian. Sangat penting untuk memberikan rangsangan emosi yang berbeda kepada anak agar menjadi pribadi yang lebih kuat dari segi emosional.

Banyak para orang tua yang merasa takut kalau anaknya selama kecil kurang bahagia. Oleh karena itu mereka lebih cenderung memberikan pola asuh yang berorientasi pada kebahagian anak. Dalam mendidik anak penting juga untuk mengenalkan kehidupan yang realistis. Anak juga perlu mendapatkan berbagai rangsangan emosi, kejadian dan perasaan yang berbeda untuk bekal dewasa kelak.

Baca Juga  Ternyata Minyak Ikan Sangat Bagus Bagi Penderita Gangguan Jantung

Menurut para ahli, setiap orang tua mempunyai kewajiban untuk mendidik atau mengasuh anak agar mengenal tentang realitas hidup. Ini artinya mendidik anak untuk hidup apa adanya.

Seorang anak yang mendapatkan pola asuh yang beragam dari orang tuanya, maka akan membuat anak menjadi pribadi yang lebih siap atau kuat dalam mengarungi kehidupan. Anak juga akan terdidik untuk menerima perbedaan dan menjadi anak yang tidak manja.

Kebanyakan dari orang tua akan merasa cemas akan masa depan anaknya. Oleh karena mereka akan melakukan apapun yang bisa membuat anaknya bahagia yang bisa menunjang masa depan anak. Ini merupakan sebuah masalah kejiwaan yang seharusnya tidak terjadi pada orang tua.

Baca Juga  Tips Mudah Mengenali 3 Jenis Miom

Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *