Pilihan Operasi Caesar Tidak Semudah Yang Kita Bayangkan

header niko 728 x 90

operasi caesar

InspirasiBersama.com – Mungkin sering kali kita mendengar banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan operasi caesar menjadi pilihan yang mudah dibandingkan dengan melahirkan secara normal. Namun tahukah kita bahwa melakukan operasi caesar bukan semudah yang kita bayangkan. Artinya bukan berarti operasi caesar tidak memiliki resiko.

Seorang wanita banyak yang menganggap kalau melahirkan secara caesar berarti tidak menjadi seorang wanita yang sesungguhnya. Bahkan banyak diantara mereka yang menganggap melakukan operasi caesar sama dengan tidak melahirkan anak.

Ini merupakan anggapan yang salah. Seorang wanita yang pada akhirnya harus melalui meja operasi untuk melahirkan anak bukan menjadi perkara yang mudah. Mereka yang mengaku pernah melakukan operasi caesar juga dibayangi dengan rasa ketakutan.

Baca Juga  Ada 4 Hal Yang Tidak disarankan Dilakukan Sebelum Tidur Karena Mengurangi Rasa Nyenyak

Dalam kondisi tertentu seorang dokter akan memutuskan seorang wanita harus melakukan operasi caesar. Memang secara umum bisa mengurangi banyak resiko yang kemungkinan terjadi jika dilahirkan secara normal. Oleh karena itu jalan terbaik adalah dengan melakukan operasi caesar.

Seorang ibu yang mengalami operasi caesar akan mengalami sebuah kecemasan tersendiri saat masuk meja operasi. Ada banyak bayangan yang muncul seperti sayatan pada bagian perut sampai bisa mengambil sang bayi. Ini bukan menjadi hal yang mudah seperti yang kita bayangkan.

Jika ada orang yang mengatakan bahwa operasi caesar merupakan cara melahirkan yang tidak akan merasakan rasa yang sakit. Hal ini memang benar, namun tahukah kita bahwa ibu yang melalui operasi ceesar jug akan merasakan rasa yang sakit pasca operasi yang tidak mudah untuk dilupakan.

Baca Juga  Sebagian Besar Penderita Kanker Paru Adalah Perokok Aktif

Seorang wanita yang melalui proses persalinan secara operasi juga memiliki masa pemulihan yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal. Perut yang idealnya biasanya banyak digunakan untuk aktivitas sekarang menjadi bekas luka sayatan yang membuat tubuh sulit beraktivitas. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Baca Juga : Cara Agar Luka Bekas Operasi Cepat Sembuh

Banyak para dokter yang menyarankan kepada para wanita yang hendak melakukan operasi caesar untuk mempersiapkan persiapan dengan cara rutin melakukan latihan perut. Latihan ini bisa dilakukan setidaknya tiga bulan sebelum pelaksanaan operasi. Hal ini disebabkan karena pasca operasi caesar maka akan terjadi mati rasa pada area perut yang diakibatkan karena efek samping obat anestesi yang biasanya bisa berlangsung selama enam bulan.

Baca Juga  Benarkah Mencabuti Uban Justru Akan Membuat Tambah Banyak ?

Oleh karena itu apabila seorang wanita hamil tidak memiliki resiko yang bisa mengancam kesehatan ibu dan bayi, maka seorang dokter akan sangat menyarankan untuk melakukan proses persalinan secara normal. Bagaimanapun melahirkan secara normal lebih aman bagi seorang ibu yang normal.

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Persalinan Normal dan Caesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *