Perlukah Melakukan Tes Genetik Ketika Ada Riwayat Keluarga Terkena Kanker Payudara ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyakit kanker payudara banyak membuat orang takut terutama wanita. Apalagi jika jenis penyakit ini bisa disebabkan karena faktor genetik. Lantas apakah perlu melakukan cek genetik ketika ada keluarga yang mempunyai riwayat kanker payudara ?

Ada jenis gen yang diketahui membawa resiko kanker yaitu bernama gen BRCA-1 dan BRCA-2. Untuk memastikan ada atau tidaknya gen tersebut dalam tubuh kita, maka memerlukan sebuah pemeriksaan genetik.

sumber gambar : http://pinkkorset.com/

Yang disayangkan adalah sampai saat ini alat pemeriksaan genetik ini belum tersedia di negara kita. Kalau kita mau melakukan pemeriksaan genetik ini, maka sampel harus dikirim ke luar negeri.

Baca Juga  Penyebab Ibu Rumah Tangga Banyak Yang Terinfeksi HIV

Apabila dalam pemeriksaan cek genetik ditemukan gen BRCA-1 dan BRCA-2, maka resiko kanker payudara akan sangat tinggi yaitu mencapai 90 persen. Kondisi ini terjadi juga pada seorang aktris internasional yang sekaligus pemenang Oscar yang bernama Angelina Jolie. Gen yang dibawa Angelina Jolie berasal dari ibunya yang sudah meninggal terlebih dahulu karena kanker payudara.

Baca Juga : Benarkah Menggunakan Bra Bisa Memicu Kanker Payudara ?

Meskipun pemeriksaan genetik ini boleh dilakukan, namun para pakar sangat menyarankan hanya bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga menderita kanker payudara.

Baca Juga  Penuaan Dini Juga Bisa disebabkan Karena Terlalu Banyak Makan Daging Merah

Apabila ternyata dalam pemeriksaan tersebut terdapt gen BRCA-1 dan BRCA-2, maka anda perlu mendapatkan tindakan untuk mencegah kanker payudara. Tindakan yang disarankan salah satunya bisa mastektomi yaitu payudara anda akan diangkat.

Dengan melakukan tindakan mastektomi, maka resiko kanker payudara akan menjadi nol. Hal ini disebabkan karena payudara sudah diambil. Dengan begitu anda bisa hidup dengan sehat terbebas dari kanker payudara. Orang Indonesia sudah cukup banyak yang melakukan mastektomi ini.

Meskipun demikian, wanita sangat penting untuk bisa melakukan cek dini munculnya kanker payudara. Hal ini untuk mendeteksi sedini mungkin adanya potensi kanker payudara. Dengan melakukan deteksi dini, maka harapan untuk sembuh jauh lebih besar.

Baca Juga  Dampak Pasangan Sering Berselisih Bisa Menurunkan Kepuasan Seks

Artikel Terkait : Waspada Gejala Awal Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *