Perilaku Seks Pra-nikah Bisa Menyebabkan Penularan Infeksi Seksual

header niko 728 x 90

bahaya seks bebas bagi remaja

InspirasiBersama.com – Saat ini seks bebas atau seks pra-nikah menjadi sebuah gaya hidup para remaja. Apalagi di saat hari Valentine banyak remaja kita yang melakukan hubungan seks dengan alasan sebagai bukti rasa kasih sayang. Perilaku ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan kelamin, terutama resiko penularan penyakit infeksi seksual yang berbahaya.

Kebanyakan remaja kita sudah mengadopsi perilaku orang Barat yang lebih melegalkan seks bebas. Untuk mengatasi hal yang demikian, seorang psikolog yang bernama Roslina Verauli, M.Psi mengatakan harus ada pendidikan seks yang benar yang dilakukan sejak usia dini.

Banyak kalangan remaja kita yang belum mengerti tentang apa itu cinta, seks dan pacaran. Mereka beranggapan dengan melakukan hubungan seks dengan pasangan sebagi bukti rasa cinta.  Mereka tidak tahu tentang dampak serius yang dilakukan akibat hubungan seks pra-nikah.

Baca Juga  Sentuhan Seorang Ibu Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Untuk melakukan pendidikan seks sejak dini, orang tua memegang peranan yang sangat penting sebagai pendidik saat anak berada di rumah. Orang tua harus mampu menjelaskan tentang pendidikan seks yang benar yang harus dihindari oleh anak. Disamping itu sekolah juga harus mempunyai program pembelajaran tentang pendidikan seks yang benar serta pemahaman tentang dampak negatif penularan penyakit infeksi kelamin.

Ada banyak penyakit infeksi menular yang diakibatkan oleh perilaku seks bebas. Diantaranya ada HIV/AIDS, gonorea atau herpes. Yang paling berbahaya adalah HIV/AIDS. Penyakit menular seks ini akan memunculkan tanda dan gejala setelah beberapa tahun kemudian. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga penderitanya akan mudah terserang penyakit yang kebanyakan berujung pada kematian.

Baca Juga  Suka Olahraga Berat dan Marah Bisa Menyebabkan Gangguan Jantung

Banyaknya kasus remaja yang hamil bahkan terinfeksi virus HIV/AIDS mengaku memiliki pemahaman yang kurang tentang seks. Mereka hanya mencoba mencari informasi melalui internet dan pemaparan dari beberapa teman saja. Mereka merasa risih untuk mencoba bertanya kepada orang tua, guru atau orang yang lebih tua yang sudah menikah. Ini adalah sebuah masalah yang tidak bisa dianggap remah. Bagaimanapun nasib bangsa kita tergantung dari para remaja. Kalau remaja kita banyak yang ‘hancur’ perilaku seksualitasnya maka bisa dibayangkan negara kita kelak akan jadi apa.

Baca Juga  Efek Buruk Suka Mendengarkan Musik Memakai Earphone

Artikel Terkait : Cara Mendidik Anak Tentang Bahaya Pornografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *