Perbedaan Antara Gejala Serangan Jantung Dengan GERD

header niko 728 x 90

nyeri dada

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa gejala antara serangan jantung dan GERD (gastroesophageal reflux disease) hampir sama dan banyak orang yang keliru. Gejala yang sama antara dua jenis penyakit yang berbeda tersebut adalah adanya nyeri pada dada.

Banyak orang yang salah mengartikan gejala antara serangan jantung dan GERD. Kebanyakan orang akan menganggap bahwa nyeri pada dada lebih disebabkan karena serangan jantung, namun ternyata tak semua nyeri dada menjadi gejala serangan jantung melainkan GERD.

Hal ini bermula ada seseorang (46 tahun) yang merasakan nyeri pada dada saat bekerja. Namun orang tersebut mengabaikannya. Ternyata rasa sakit pada dada tersebut tidak hilang sampai esok hari. Akhirnya orang tersebut melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan diketahui tekanan darah 186/110 dan tergolong tinggi. Akhirnya orang tersebut mendapatkan terapi nitroglycerin yang sering diberikan dokter kepada orang yang mengalami gangguan jantung untuk membuat pembuluh darah menjadi lemas.

Baca Juga : Gejala Asam Urat Yang Sering diabaikan

 

Baca Juga  Resiko Sering Konsumsi Makanan Olahan Meningkatkan Resiko Radang Usus

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata orang tersebut bukan mengalami serangan jantung, namun mengalami gejala GERD atau kenaikan asam pada lambung yang menyebabkan munculnya inflamasi pada esofagus.

Dari kisah tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa gejala serangan jantung dan GERD sangat mirip. Keduanya akan merasakan berat pada bagian dada seperti ada sesuatu yang menimpa dada dan terasa seperti tertekan.

Mengapa gejala kedua penyakit ini bisa sangat mirip ? Ternyata hal ini disebabkan karena adanya gangguan saraf pada lambung dan jantung yang berfungsi memberikan sinyal kepada otak tentang dimana sumber nyeri berasal.

Kalau kita membahas tentang saraf yang berada pada dada, akan berbeda dengan bagian tubuh yang lain. Misalnya saja saat kita ditutup mata, kemudian jari tangan kita kita pukul dengan cukup keras, maka segera kita akan mengetahui jari mana yang terluka. Hal itu berbeda dengan saraf pada bagian dada. Saat ada nyeri pada lambung, jantung, pankreas atau paru-paru, maka sulit untuk membedakan karena nyeri akan sama pada daerah dada.

Baca Juga  Apakah Benar Penyakit Jantung Koroner Disebabkan Karena Turunan ?

Dengan kemiripan inilah yang membuat gejala serangan jantung dan GERD sulit untuk dibedakan. Hal ini juga menyebabkan banyak kasus serangan jantung yang terlambat untuk mendapatkan pertolongan karena gejala yang mirip dengan GERD.

Meskipun gejalanya sangat mirip, bukan berarti tidak bisa dibedakan. Ada sedikit perbedaan yang bisa kita kenali. Pada kasus nyeri dada yang disebabkan karena serangan jantung, biasanya pasien akan merasakan nyeri pada dada, terasa seperti panas atau terbakar dan disertai dengan rasa sesak.

Nyeri yang terjadi pada serangan jantung akan tampak lebih parah saat dibuat aktivitas fisik atau olahraga. Nyeri pada dada akan berlanjut sampai pada daerah punggung atau tembus belakang, leher, lengan dan rahang. Selain itu biasa juga disertai dengan adanya rasa mual, pusing, sesak napas dan saat di cek nadi akan terasa tidak teratur.

Untuk mempermudah dalam membedakan gejala serangan jantung dan GERD, seorang dokter biasanya akan menanyakan riwayat penyakit yang pernah diderita. Apakah mempunyai riwayat diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi dan suka merokok.

Baca Juga  Alasan Mengapa Obat Kumur Yang Mengandung Alkohol Perlu dihindari

Namun jika ternyata anda mengalami nyeri pada bagian dada yang disebabkan karena faktor makanan atau pencernaan, misalnya setelah mengkonsumsi makanan yang pedas, maka besar kemungkinan masalahnya ada di GERD. Hal ini disebabkan karena adanya asam lambung yang meningkat.

Apabila ternyata anda masih ragu dengan nyeri dada yang sering anda alami, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter terdekat. Hal ini sangat disarankan untuk mendeteksi dini adanya penyakit jantung maupun GERD yang lebih parah yang bisa mengancam jiwa kita.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Ringan Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *