Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa

header niko 728 x 90

penyebab gagal ginjal

Bertemu kembali dengan inspirasibersama.com yang akan mengulas tentang penyebab gagal ginjal kronik pada orang dewasa. Sekarang ini sering orang disekitar kita menderita penyakit gagal ginjal dan tidak jarang pula yang telah meninggal akibat penyakit kronik ini. Penyakit gagal ginjal kronik adalah sebuah penyakit yang kronis ( menahun ) yang menyerang ginjal secara perlahan dan progesif. Penyakit ini disebabkan oleh tidak maksimalnya proses pembuangan sisa cairan yang seharusnya bisa dikeluarkan dengan bagus oleh ginjal melalui urin.

Apa saja penyebab penyakit gagal ginjal ini ? penyebabnya adalaha karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurang minum air putih, kurang olah raga, kebiasaan menahan kencing, sering minum minuman siap saji dan sering makan makanan instan. Untuk menghindari penyakit ini kita harus menghindari hal-hal diatas.

Baca Juga  Pola Diet Mariah Carey Yang Tidak disarankan Untuk Ditiru

Orang yang terkena penyakit ini pada stadium awal tidak akan ada tanda-tanda yang berarti. Tetapi akan muncul gejala yang signifikan pada stadium lanjut. Orang yang menderita gagal ginjal akan mengalami uremia artimnya dalam darah tercemar atau mengandung cairan toksin yang berbahaya yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh. Oleh sebab itu orang yang menderita gagal ginjal akan merasa mual, muntah, odema ( pembengkakan ) pada kaki, tangan dan muka dan kulit akan terlihat lebih hitam dari biasanya.

Berdasarkan kenyataan di beberapa Rumah Sakit di Indonesia bahwa penderita gagal ginjal sering disebabkan oleh konsumsi yang berlebihan atau terus-terusan minuman sachet siap saji yang banyak beredar di kalangan masyarakat dengan harga yang murah. Bahkan ada seorang pasian disebuah Rumah Sakit yang menderita gagal ginjal saat ditanya kebiasaan pola minumnya sering konsumsi minuman penambah stamina setiap harinya. Ada juga yang hobinya setiap hari makan mie instan.

Baca Juga  Awal Mula Munculnya Penyakit Kanker Paru

Mungkin bagi beberapa orang konsumsi minuman penambah stamina atau schet rasa buah tertentu akan merasa enak, tetapi tidak pernah memikirkan dampak yang terjadi beberapa tahun kedepan. Karena penyakit gagal ginjal ini sifatnya tidak terjadi secara mendadak menimbulkan gejala tetapi kronik atau menahun dan pada akhirnya akan jatuh pada stadium lanjut yang sulit untuk disembuhkan.

Sebenarnya penyakit ini cukup mudah untuk dihindari misalnya dengan banyak minum air putihy minimal 2,5 liter perhari. Dengan konsumsi air rutin setiap hari minimal 2,5 liter makan proses pembuangan sisa cairan dalam tubuh misalnya kreatinin, kalium, urea tidak akan dapat dikeluarkan dengan bagus oleh ginjal. Orang yang dengan gangguan fungsi ginjal pasti akan mengalami kenaikan jumlah kreatinin dan kalium dalam darahnya. Hal ini akan diketahui saat penderita melakukan cek darah fungsi ginjal.

Baca Juga  Ternyata Orgasme Sangat Mujarab Untuk Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

Demikian informasi singkat tentang penyebab gagal ginjal kronik pada orang dewasa semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini dengan membiasakan pola hidup yang sehat.

 

Artikel Terkait : Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *